Isnaeni, Yulinda
(2017)
PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP
HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN SEJARAH
KEBUDAYAAN ISLAM KELAS IV DI MIN 2 BANDAR LAMPUNG.
Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar SKI dikarenakan
peserta didik kurang termotivasi untuk belajar dan merasa kesulitan untuk mengingat
materi yang kemungkinan disebabkan karena strategi yang digunakan guru belum
mampu memaksimalkan pembelajaran di kelas IV MIN 2 Bandar Lampung.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Adakah pengaruh antara strategi
pembelajaran mind mapping terhadap hasil belajar peserta didik mata pelajaran SKI
kelas IV di MIN 2 Bandar Lampung?”. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk
mengetahui pengaruh strategi pembelajaran mind mapping terhadap hasil belajar
peserta didik mata pelajaran SKI kelas IV di MIN 2 Bandar Lampung.
Jenis penelitian kuantitatif metode penelitian eksperimen desain quasy
experimental design. Sampel penelitian ini adalah 2 kelas yang terdiri dari 65 peserta
didik yaitu kelas IV.B sebagai kelas eksperimen dan kelas IV.C sebagai kelas kontrol.
Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan sistem random. Teknik pengumpulan
data menggunakan tes hasil belajar dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan
adalah tes tulis multiple choice dan daftar dokumentasi. Sebelum instrumen soal
diberikan, soal tersebut telah diuji cobakan untuk mengetahui validitas, reliabilitas,
daya pembeda dan tingkat kesukaran tes sebagai instrumen soal. Uji prasyarat analisis
menggunakan uji normalitas dan homogenitas. Teknis analisis data menggunakan
uji-t.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, menunjukkan bahwa nilai ratarata
hasil belajar peserta didik dengan menggunakan strategi mind mapping lebih
tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata yang menggunakan strategi ekspositori, hal
ini terlihat dari nilai rata-rata kelas eksperimen 78,97 dan kelas kontrol 69,84.
Berdasarkan hasil analisis data dengan perhitungan program SPSS versi 17.0 for
windows nilai t hitung = 3,367 > t table = 2,00. Dengan demikian nilai thitung > ttabel
pada taraf signifikan 5%, maka hipotesis (Ha) diterima. Jadi dapat disimpulkan
bahwa terdapat pengaruh strategi pembelajaran mind mapping terhadap hasil belajar
peserta didik mata pelajaran SKI kelas IV di MIN 2 Bandar Lampung tahun ajaran
2016/2017.
Kata kunci: Strategi pembelajaran, mind mapping, hasil belajar, sejarah kebudayaan
Islam.
Actions (login required)
 |
View Item |