PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS IV DI MIN 2 BANDAR LAMPUNG

Isnaeni, Yulinda (2017) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS IV DI MIN 2 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar SKI dikarenakan peserta didik kurang termotivasi untuk belajar dan merasa kesulitan untuk mengingat materi yang kemungkinan disebabkan karena strategi yang digunakan guru belum mampu memaksimalkan pembelajaran di kelas IV MIN 2 Bandar Lampung. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Adakah pengaruh antara strategi pembelajaran mind mapping terhadap hasil belajar peserta didik mata pelajaran SKI kelas IV di MIN 2 Bandar Lampung?”. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran mind mapping terhadap hasil belajar peserta didik mata pelajaran SKI kelas IV di MIN 2 Bandar Lampung. Jenis penelitian kuantitatif metode penelitian eksperimen desain quasy experimental design. Sampel penelitian ini adalah 2 kelas yang terdiri dari 65 peserta didik yaitu kelas IV.B sebagai kelas eksperimen dan kelas IV.C sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan sistem random. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah tes tulis multiple choice dan daftar dokumentasi. Sebelum instrumen soal diberikan, soal tersebut telah diuji cobakan untuk mengetahui validitas, reliabilitas, daya pembeda dan tingkat kesukaran tes sebagai instrumen soal. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan homogenitas. Teknis analisis data menggunakan uji-t. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, menunjukkan bahwa nilai ratarata hasil belajar peserta didik dengan menggunakan strategi mind mapping lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata yang menggunakan strategi ekspositori, hal ini terlihat dari nilai rata-rata kelas eksperimen 78,97 dan kelas kontrol 69,84. Berdasarkan hasil analisis data dengan perhitungan program SPSS versi 17.0 for windows nilai t hitung = 3,367 > t table = 2,00. Dengan demikian nilai thitung > ttabel pada taraf signifikan 5%, maka hipotesis (Ha) diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh strategi pembelajaran mind mapping terhadap hasil belajar peserta didik mata pelajaran SKI kelas IV di MIN 2 Bandar Lampung tahun ajaran 2016/2017. Kata kunci: Strategi pembelajaran, mind mapping, hasil belajar, sejarah kebudayaan Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 Dec 2017 02:03
Last Modified: 05 Dec 2017 02:03
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2540

Actions (login required)

View Item View Item