Andesta, Lia
(2017)
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING
(PBL)TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK
DI KELAS IV MIN 11 BANDAR LAMPUNG.
Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari permasalahan peserta didik yang kurang
memahami pemecahan masalah dalam pembelajaran matematika, karena
pembelajaran masih terpusat pada guru dan peserta didik kurang dilibatkan dalam
pembelajaran. Kondisi demikian mempengaruhi hasil belajar peserta didik yang
tergolong rendah. Rumusan masalah yang dikemukakan adalah apakah ada pengaruh
yang signifikan model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap hasil
belajar matematika kelas IV MIN 11 Bandar Lampung. Adapun tujuan penelitian ini
adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning
(PBL) terhadap hasil belajar matematika kelas IV MIN 11 Bandar Lampung.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, desain yang digunakan Quasi
Eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas IV MIN 11 Bandar
Lampung. Penelitian ini menggunakan 2 kelas, kelas IV A sebagai kelas eksperimen
dan kelas IV B kelas sebagai kelas kontrol. Alat pengumpulan data menggunakan tes
dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelititan dan pengolahan data diperoleh
Actions (login required)
 |
View Item |