PENGARUH MODEL DEMONSTRASI INTERAKTIF BERBANTUANMEDIA ALAT PERAGATERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA

Hafizhasando, Ramajid (2017) PENGARUH MODEL DEMONSTRASI INTERAKTIF BERBANTUANMEDIA ALAT PERAGATERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_FIX_MAJID.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Kotabumi Kabupaten Lampung Utara tahun pelajaran 2017/2018, masalah yang terjadi di SMA Negeri 2 Kotabumi ialah keterampilan berpikir kritis kurang:siswa belum bisa mengidentifikasi, menyimpulkan, serta memutuskan suatu tindakan dengan baik, dan motivasi belajar siswa rendah: siswa cenderung pasif, dan kurangnya semangat dalam belajar. Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah seberapa besar pengaruh penggunaan model Demonstrasi Interaktif berbantuan media alat peraga terhadap keterampilan berpikir kritis dan motivasi belajar peserta didik kelas XI IPA di SMAN 2 Kotabumi Lampung Utara? Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan model Demonstrasi Interaktif berbantuan media alat peraga terhadap keterampilan berpikir kritis dan motivasi belajar peserta didik.Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode Quasy Experimental Design. Design yang digunakan adalah posttest, alat pengumpulan data berupa tes, non tes, dokumentasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian pencapaian pada kelas eksperimen dengan model pembelajaran Demonstrasi Interaktif berbantuan media alat peraga diproleh nilai rataratanya 79, sedangkan kelas kontrol nilai rata-ratanya 67. Untuk kelas eksperimen motivasi belajar diperoleh persentase 86% sedangkan untuk kelas kontrol diperoleh persentase 77%. Hasil uji t berpikir kritisdengan taraf signifikasi 0,05,hasilnya yaitu 0,000 < 0,05, sedangkan motivasi belajar hasilnya 0,000 < 0,05 berdasarkan uji korelasi signifikansi sebesar 0,009 < 0,05 maka terdapat korelasi yang signifikan. Kesimpulan dari penelitian ini pengaruh model Demonstrasi Interaktifberbantuan media alat peraga sebesar 0,009 < 0,05, artinya model Demonstrasi Interaktif berbantuan media alat peraga berpengaruh signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis dan motivasi belajar siswa. Kata kunci:Model Demonstrasi Interaktif, keterampilan berpikir kritis, dan motivasi belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 04 Dec 2017 02:30
Last Modified: 04 Dec 2017 02:30
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2519

Actions (login required)

View Item View Item