EFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGANMENGGUNAKAN TEKNIK RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR TERAPHY(REBT)UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADAPESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 8BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Muhadi, M (2017) EFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGANMENGGUNAKAN TEKNIK RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR TERAPHY(REBT)UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADAPESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 8BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_MUHADI_FIX.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Motivasi belajar memiliki peranan yang penting dalam kegiatan belajar. Motivasi belajar menentukan seberapajauh peserta didik akan belajar dari kegiatan pembelajaran atau seberapa jauh peserta didik menyerap informasi yang disajikanoleh pengajar. Begitu pentingnya peranan motivasi belajar untuk dimiiki seorang peserta didik, namun tidak semuapeserta didik memiliki motivasi belajar yang tinggi.Terdapat banyak faktor yang mempengaruhi motivasi belajar,dimana salah satunya adalah persepsi kognitif peserta didik itu sendiri mengenai kemampuannya dalam keberhasilannyabelajar. Penelitian ini di latar belakangi oleh 8 orang peserta didik yang memiliki hasil belajar yang belum mencapai pada hasil yang maksimal dalam proses belajar sehingga cenderung peserta didik tersebut kurang semangat dalam belajar yang rendah. Dilakukan agar peserta didik lebih meningkatkan motivasi belajarnya untuk mendapatkan hasil belajar yang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah efektivitas konseling kelompok ini efektif dalam meningkatkan motivasi belajar pada peserta didik dengan menggunakan pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) yang dilaksanakan di SMP Negeri 8 Bandar Lampung.Rancangan penelitian dalam penelitian ini adalah rancanganpre eksperimendenganmodelOne Group Pre-Test and Post-Test Design dengan pemberiankonseling kelompokrational emotive behavior sebagai bentuk perlakuan. Subyek penelitian ini adalah tujuh peserta didikpada kelas VIII A. Metode pengumpulandata yang digunakan adalah angket tertutup. Analisis datamenggunakan statistic. Dari hasil analisis data kelompok dengan menggunakan penghitungan SPSS. Hasil penelitiann menunjukkan rata-rata skor setelah diberikan self managementterdapat peningkatan skor mean pretestsebelum diberikan treatment 87,875 dan mean posttest setelah diberikan treatment 128,5 dengan selisi peningkatan adalah 40,625. Selainn itu diperoleh t hitung setelah dilakukan analisis dengan menggunkan paired sample t test adalah (7,387) nilai ini > t tabel (1895) dengan nilai sig 0,00<0,05 yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima dengan demikian berati layanan konseling kelompok dengan meggunakan Rational Emotive Behavior Therapy (REBT)efektif dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Kata kunci : Rational Emotive Behavior Therapy (REBT), Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: Users 516 not found.
Date Deposited: 04 Dec 2017 02:25
Last Modified: 04 Dec 2017 02:25
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2518

Actions (login required)

View Item View Item