PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBENTUK PERMAINAN ULAR TANGGA PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI UNTUK SISWA KELAS X SMA

Laraswaty, Vandiana Gustia (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBENTUK PERMAINAN ULAR TANGGA PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI UNTUK SISWA KELAS X SMA. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian dan pengembangan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana karakteristik media pembelajaran biologi berbentuk ular tangga pada materi keanekaragaman hayati? (2) Apakah media pembelajaran biologi berbentuk ular tangga layak digunakan sebagai media pembelajaran pada materi keanekaragaman hayati kelas X di SMA Negeri 15 Bandar Lampung?”. Penelitian dilakukan dengan metode Research and Development (R & D) milik Sugiono dengan menerapkan tujuh tahapan diantaranya (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi validasi desain, (6) uji coba produk dan (7) revisi produk. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah wawancara, angket dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik persentase, produk layak apabila diperoleh persentase ≥ 51 %. Hasil penelitian telah dikembangkan media pembelajaran berbentuk permainan ular tangga pada materi keanekaragaman hayati. Media pembelajaran berbentuk permainan ular tangga pada materi keanekaragaman hayati sangat layak digunakan dengan memperoleh persentase kelayakan dari ahli media dari validator I sebesar 87 % dan pada validator media II mendapatkan persentase 81 %. Kelayakan soal pada materi keanekaragaman hayati diperoleh persentase dari validator I sebesar 73 % dan dari validator II mendapatkan persentase 75 % dengan kriteria layak. Sedangkan kelayakan media setelah uji coba diperoleh 92 % dan 95 % oleh guru dan 87 % oleh peserta didik. Adapun karakteristik dari media adalah (1) media permainan ular tangga mudah digunakan kapan saja dan dimana saja, (2) media mempermudah peserta didik memahami materi, (3) media dapat membantu belajar aktif dan mandiri, (4) media memiliki bahasa yang komunikatif dan mudah dipahami, (5)media memiliki tampilan yang menarik. Kata kunci: Permainan Ular Tangga, Keanekaragaman Hayati, Media Pembelajaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Faisal Hamid Azly
Date Deposited: 30 Nov 2017 06:31
Last Modified: 30 Nov 2017 06:31
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2512

Actions (login required)

View Item View Item