Peran Guru dan Orang Tua Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Bidang Studi Akidah Akhlak di MTS Al-Khairiyah Natar Lampung Selatan

Sarji , Sarji (2017) Peran Guru dan Orang Tua Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Bidang Studi Akidah Akhlak di MTS Al-Khairiyah Natar Lampung Selatan. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Halaman_depan.pdf]
Preview
PDF
Download (236kB) | Preview
[thumbnail of Bab_I.pdf]
Preview
PDF
Download (289kB) | Preview
[thumbnail of Bab_II.pdf]
Preview
PDF
Download (393kB) | Preview
[thumbnail of Bab_III.pdf]
Preview
PDF
Download (158kB) | Preview
[thumbnail of Bab_IV.pdf]
Preview
PDF
Download (302kB) | Preview
[thumbnail of Bab_V.pdf]
Preview
PDF
Download (132kB) | Preview
[thumbnail of Daftar_Pustaka.pdf]
Preview
PDF
Download (77kB) | Preview
[thumbnail of Pedoman_Wawancara_I.pdf]
Preview
PDF
Download (137kB) | Preview
[thumbnail of Pedoman_Wawancara_II.pdf] PDF
Restricted to Registered users only

Download (59kB)

Abstract

Guru dan orang tua memiliki peran penting dalam kegiatan belajar mengajar khususnya dalam prestasi peserta didik yang memiliki kompentensi. Peran guru seperti menjadi fasilitator, membimbing, mengarahkan dan memberi nasehat, menjadi teladan dan membiasakan belajar mengajar. Dan peran orang tua menyediakan fasilitas belajar, memberi perhatian dalam kegiatan belajar peserta didik, membiasakan peserta didik untuk belajar serta memberikan arahan dan nasehat. Berdasarkan hasil pra survey penelitian MTs Al-Khairiyah Natar peran guru Akidah Akhlak dan orang tua peserta didik tergolong baik yang menjadi permasalahan adalah perolehan prestasi belajar yang masih rendah. Untuk itu peneliti tertarik mengadakan penelitian mengenai “Peran Guru Dan Orang Tua Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Bidang Studi Akidah Akhlak Di MTs Al-Khairiyah Natar Lampung Selatan”. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah : “Bagaimana peran guru dan orang tua dalam meningkatkan prsetasi belajar prestasi belajar bidang studi akidah akhlak di MTs Al-Khairiyah Natar Lampung Selatan ?”. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan ( field research ) dengan menggunakan metode kualitatif. Dalam sumber data mengunakan berupa, purposive sampling dan snowball. Dan teknik pengumpulan data berupa, wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode analisis data dilakukan dengan Reduksi Data, Penyajian Data dan Verfikasi Data. Berdasarkan hasil penelitian yang penulis temukan dilapangan menyatakan bahwa “peran guru dan orang tua dalam meningkatkan prsetasi belajar peserta didik bidang studi akidah akhlak di MTs Al-Khairiyah Natar Lampung Selatan telah di perankan dengan baik kepada peserta didik di sekolah tersebut, pelaksanaan dalam proses belajar mengajar pun berjalan dengan baik, peran guru dengan mengajarkan pendidikan akidah akhlak, membiasakan mendisiplinkan pola belajar, memberikan motivasi belajar, memberikan arahan, memberikan bimbingan, menghukum, memberikan pujian dan hadiah, memberikan suri tauladan dan menasehati peserta didik. Peran orang tua dalam menyediakan fasilitas belajar, memperhatikan pendidikan peserta didik, memberikan pengarahan dan nasehat, memberikan pengawasan, memberikan semangat dan motivasi dan membantu kesulitan belajar. Prestasi belajar peserta didik di MTs Al-Khairiyah Natar setelah di perankan guru dan orang tua prestasi peserta didik meningkat cukup baik. Penulis menyimpulkan bahwa peran guru dan orang tua dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik membutuhkan keselarasan dari kedua belah pihak baik keluarga peserta didik ataupun pihak sekolah seperti dewan guru serta pihak-pihak yang terkait di dalamnya, namun tidak terlepas dari minat, motivasi dan kompetensi peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Rohai Inah Indrakasih
Date Deposited: 06 Mar 2017 07:24
Last Modified: 06 Mar 2017 07:24
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/251

Actions (login required)

View Item View Item