IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA TAMANSISWA TELUK BETUNG

IMAM, SOBIRIN (2023) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA TAMANSISWA TELUK BETUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Latar belakang penelitian ini adalah problematika yang dihadapi oleh sebagian besar masyarakat Indonesia, yakni akan di berlakukannya sistem pembelajaran secara daring, ini merupakan hal yang baru untuk sistem pendidikan di Indonesia. Belum lagi dalam pelaksanaannya, baik dari pihak sekolah, guru, sisiwa maupun orangtua memiliki masalahnya masing – masing dalam pembelajaran daring tersebut. Sehingga dalam hal ini peneliti membuat penelitian yang berjudul Implementasi Pembelajaran daring dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam di SMA Tamansiswa Teluk Betung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran daring dalam meningkatkan hasil belajar siswa di SMA Tamansiswa Teluk Betung. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah siswa Kelas X MIPA 1 dan X MIPA 2. Berdasarkan hasil penelitian dilapangan menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan pembelajaran daring ini sudah cukup baik dalam meningkatkan hasil belajar siswa, hal ini berdasarkan data hasil ujian PTS yang menunjukkan data hasil belajar siswa yang lulus lebih banyak dibanding siswa yang tidak lulus. Faktor pendukung dalam pembelajaran daring di SMA Tamansiswa Teluk Betung ini diantaranya : 1 Jaringan akses internet yang baik, 2. Guru yang sudah dibekali pelatihan. Faktor penghambat pembelajaran daring diantaranya :1. Sulit mengontrol siswa. Guru susah untuk melihat siapa saja siswa yang memperhatikan pembelajaran atau tidak, atau bisa saja siswa sulit untuk memperhatikan siswa yang aktif atau tidak dalam proses pembelajaran dalam pembelajaran E-Learning., 2. Pembelajaran lebih banyak teoritis dan minim praktek karena tidak dimungkinkan adanya interaksi langsung dengan siswa. 3.Waktu, pembelajaran daring ini guru bekerja 1 x 24 jam, karena anak – anak gak kenal waktu dalam pengumpulan tugas sebab kendala yang beraneka ragam. Kata Kunci: Pembelajaran daring, hasil belajar, pendidikan agama islam, SMA Tamansiswa

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Apr 2023 07:33
Last Modified: 14 Apr 2023 07:33
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/25035

Actions (login required)

View Item View Item