PENGEMBANGAN MODUL BIOLOGI BERORIENTASI KECERDASAN NATURALIS SISWA PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI KELAS X SMA NEGERI 14 BANDAR LAMPUNG

Dewi, Sukmala (2017) PENGEMBANGAN MODUL BIOLOGI BERORIENTASI KECERDASAN NATURALIS SISWA PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI KELAS X SMA NEGERI 14 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN RIL.

[thumbnail of SKRIPSI_SUKMALA_DEWI.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK PENGEMBANGAN MODUL BIOLOGI BERORIENTASI KECERDASAN NATURALIS SISWA PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI KELAS X SMA NEGERI 14 BANDAR LAMPUNG Masalah dalam penelitian ini adalah kecerdasan naturalis peserta didik masih rendah dan dibuktikan dengan hasil analisis buku paket dan LKS yang digunakan di SMAN 14 Bandar Lampung belum memberdayakan kecerdasan naturalis yang dimiliki oleh peserta didik. Salah satu alternative yang dapat digunakan untuk meningkatkan pengetahuan dan kecerdasan naturalis peserta didik salah satunya dengan mengembangkan modul biologi berorientasi kecerdasan naturalis untuk pembelajaran keanekaragaman hayati kelas X semester II, dimana peserta didik dapat belajar Ilmu Pengetahuan Alam dan dapat meningkatkan kecerdasan naturalisnya yang telah dimiliki oleh peserta didik sehingga minat belajar peserta didik terhadap materi biologi lebih meningkat. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Instrument yang digunakan berupa lembar self-asessment serta angket respon guru dan siswa. Selanjutnya data yang diperoleh akan dianalisis dengan mengumpulkan data kualitatif dan kuantitatif dari setiap validator serta guru dan siswa. Untuk mengetahui kualitas modul dilakukan validasi modul kedosen ahli, yaitu dengan validasi materi oleh dosen biologi, validasi soal oleh dosen biologi, validasi desain oleh dosen biologi dan dosen PGRA, serta validasi bahasa oleh dosen PGMI. Berdasarkan hasil validasi materi diperoleh hasil rata-rata 88,9%, ahli soal diperoleh hasil rata-rata 93,3%, ahli bahasa diperoleh hasil rata-rata 92,4%, dan ahli desain rata-rata 91,4%. Setelah dilakukan validasi produk kedosen ahli kemudian produk diuji cobakan kerespon guru biologi dan peserta didik. Diperoleh respon guru biologi dengan prsentase rata-rata 79,92%, untuk mengetahui respon peserta didik terhadap modul yang dikembangkan dilakukan uji coba kepeserta didik, dengan hasil uji lapangan menunjukkan presentase rata-rata 89,91 dan hasil self-asessment (penilaian diri) kecerdasan naturalis dengan presentase rata-rata 87,92. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa biologi berorientasi kecerdasan naturalis yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran biologi dan layak untuk digunakan karena presetase kelayakan dari modul biologi ≥ 51%. Kata kunci : Modul Biologi, Kecerdasan Naturalis, Self-Asessment (Penilaian Diri), Materi Keanekaragaman Hayati

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: PERPUSTAKAAN PUSAT UIN RIL
Date Deposited: 29 Nov 2017 03:26
Last Modified: 29 Nov 2017 03:26
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2499

Actions (login required)

View Item View Item