PENGARUH RASIO FUNDAMENTAL TERHADAP REAKSI PASAR ATAS PENGUMUMAN SAHAM UNUSUAL ACTIVITY (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia)

YESI, ANDELA (2023) PENGARUH RASIO FUNDAMENTAL TERHADAP REAKSI PASAR ATAS PENGUMUMAN SAHAM UNUSUAL ACTIVITY (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of BAB 1-5.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Bursa Efek Indonesia (BEI) mengingatkan investor apabila pengumuman saham Unusual Market Activity dapat memberikan investor sebuah peluang berupa keuntungan dan kerugian yang tinggi. Pengukuran rasio fundamental dalam penelitian ini dengan menggunakan ROA dan DER. Sedangkan reaksi pasar diukur dengan menggunakan abnormal return. Penulis tertarik melakukan penelitian dengan judul “Pengaruh Rasio Fundamental Terhadap Reaksi Pasar Atas Pengumuman Saham Unusual Market Activity (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)”. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana pengaruh rasio fundamental profitabilitas dan leverage terhadap reaksi pasar atas pengumuman saham Unusual Market Activity (UMA) pada perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2018-2020 ? (2) Bagaimana pengaruh rasio fundamental profitabilitas dan leverage terhadap reaksi pasar atas pengumuman saham unusual market activity (UMA) pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2018- 2020 ? (3) Bagaimana pengaruh rasio fundamental terhadap reaksi pasar dalam perspektif ekonomi Islam? Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. peneliti menggunakan sampel sebanyak 45 sampel laporan keuangan. Peneliti menggunakan data laporan keuangan tahun 2018-2020 dari 15 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Teknik analisa data menggunakan uji asumsi klasik, analisis regresi data panel, dan uji hipotesis. Hasil penelitian mengemukakan bahwa terdapat profitabilitas dan leverage terhadap reaksi pasar atas pengumuman saham Unusual Market Activity (UMA) pada perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2018-2020 secara parsial dengan nilai Prob. (0,0237) dan simultan dengan nilai Prob. (0,000) yang lebih kecil dari 0,05 serta nilai F-hitung yang lebih besar dibandingkan dengan nilai F-tabel (3,815272 > 2,2918). Dalam pandangan Islam, profitabilitas dapat melaksanakan perannya untuk menunjang aktifitas perekonomian. Dalam Al-Qur'an atau hadist, tidak ada batasan tentang proporsi keuntungan contohnya 100%, 30%, 10% atau lebih dari modal. Kata kunci : Rasio fundamental, Reaksi Pasar, Profitabilitas, Leverage, Abnormal Return.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Apr 2023 06:43
Last Modified: 14 Apr 2023 06:43
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/24960

Actions (login required)

View Item View Item