EFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING PRIBADI-SOSIAL MELALUI PENDEKATAN BEHAVIORAL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL DI SMK N 7 BANDAR LAMPUNG

Lestari, Neni (2017) EFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING PRIBADI-SOSIAL MELALUI PENDEKATAN BEHAVIORAL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL DI SMK N 7 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_NENI.pdf]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertitik tolak dari adanya permasalahan belum optimalnya pelayanan bimbingan dan belum adanya program khusus bimbingan pribadi sosial untuk meningkatkan penyesuaian diri siswa di sekolah, maka dikembangkanlah program bimbingan pribadi sosial untuk membantu individu agar dapat menyesuaikan diri dengan baik dan terhindar dari timbulnya gejala-gejala yang salah suai. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif, karena penelitian ini mendeskripsikan profil penyesuaian diri siswa dan program bimbingan yang ada di SMK N 7 Bandar Lampung, kemudian hasil dari temuan data tersebut dijadikan sebagai acuan bagi pengembangan program bimbingan pribadi sosial untuk meningkatkan penyesuaian diri siswa. Program ini dikembangkan berdasarkan hasil penelitian yang menggambarkan bahwa: (1) sebagian besar siswa kelas X memiliki kemampuan penyesuaian diri dalam kategori sedang. Dari hasil wawancara dengan guru Bimbingan dan Konseling juga disebutkan beberapa permasalahan yang dihadapi siswa, terutama kelas X yaitu masalah kurangnya motivasi belajar dan rendahnya kemampuan bergaul dan berkomumkasi dan kurangnya rasa percaya diri siswa, (2) program bimbingan dan konseling di sekolah lebih banyak terfokus pada layanan pemberian informasi dan orientasi, dan kurang mengakomodasi upaya peningkatan kemampuan siswa dalam penyesuaian dirinya. Oleh karena itu, agar seluruh bidang bimbingan dapat diberikan secara seimbang, peneliti mengembangkan program khusus bimbingan pribadi sosial untuk meningkatkan penyesuaian diri siswa. Program ini bertujuan agar siswa dapat: (1) mengamati diri dan lingkungannya secara realistis, (2) memanfaatkan pengalaman hidupnya dan merencanakan masa depan, (3) melakukan pekerjaan secara berarti, (4) melakukan hubungan sosial secara akrab, (5) mengekspresikan emosi secara tepat, dan (6) menilai diri secara positif. Implikasi peneliitian mi adalah adanya upaya kerja sama dalam bentuk koordinasi, konsultasi dan partisipasi antara guru pembimbing dengan seluruh personil sekolah dalam mengembangkan program bimbingan pribadi sosial untuk meningkatkan penyesuaian diri siswa. Kata Kunci: Konseling Pribadi-Sosial, Kemampuan Interaksi Sosial.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 29 Nov 2017 02:09
Last Modified: 29 Nov 2017 02:09
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2492

Actions (login required)

View Item View Item