Suhartini, Pebria (2017) PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERMAIN DENGAN PERMAINAN BALOK DI TAMAN KANAK- KANAK SABRINA SUKARAME BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, IAIN Raden Intan Lampung.
Preview |
PDF
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Anak merupakan pembelajar yang sejati yang penuh kejujuran dalam merealisasikan kejujuran dan mengekpresikan perasaannya. Semua orang tua tentu ingin membahagiakan anak-anaknya, melihat mereka tumbuh sehat, cerdas, dan sukses dalam kehidupannya. Oleh sebab itu dalam rangka mencerdaskan anak tentu harus menggunakan strategi yang handal, seperti menggunakan permainan. Bermain pada prinsipnya merupakan faktor yang paling berpengaruh dalam priode perkembangan diri anak, intinya bermain sangat erat kaitannya dengan perkembangan anak. Pembelajaran bermain di harapkan dapat meningkatkan pengetahuan anak, daya kreativitas, dan berbagai aspek perkembangan anak, terutama kecerdasan kognitif pada kreativitas anak. Oleh karena itu penyelenggaraan pendidikan anak pra sekolah telah diatur dalam Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional (UUSPN) dengan menemukan cara pandangbaru tentang pendidikan anak yaitu konsep Pendidikan Anak Usia Dini(PAUD) pada tahun 2003. Gagasan PAUD pada dasarnya ingin mempertajam kembali konsep pendidikan anak pra sekolah sebagai pandanganawal sesuai dengan konteks jaman. Oleh sebab itu , berangkat dari anak sebagai pijakan awal untuk mengenalkan pendidikan kepada anak usia dini, diharapkan melalui permainan balok mampu meningkatkan perkembangan kreativitas anak khususnya pada anak usia dini di Taman Kanak- kanak Sabrina Sukarame Bandar Lampung. Sehingga penulis mengangkat judul penelitian ini : Pengembangan Kreativitas Anak Melalui Metode Bermain dengan Permainan Balok di Taman Kanak- kanak Sabrina Sukarame Bandar Lampung. Penelitian ini bersifat penelitian lapangan, adapun jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan yang di fokuskan area berhitung atau lazim disebut dengan Classroom Action Risearch (Penelitian Tindakan Kelas). Dalam mengumpulkan data yang diperlukan penulis menggunakan sumber data yang terdiri dari dua sumber yang pertama sumber data primer yaitu jenis datanya diambil dari observasi langsung di lapangan dan intervieu dengan guru kelas di BI. Berdasarkan hasil analisis data, maka hasil penelitian ini dapat penulis tunjukkan ada peningkatan dari setiap siklus, dari siklus I, dan siklus II. Dapat penulis simpulkan bahwa Metode Bermain dengan Permainan Balok dapat meningkatkan Perkembangan Kreativitas pada anak di Taman Kanak- kanak Sabrina Sukarame Bandar Lampung.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | ADMINLIB PERPUSTAKAAN |
Date Deposited: | 06 Mar 2017 08:02 |
Last Modified: | 06 Mar 2017 08:02 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/247 |
Actions (login required)
View Item |