PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI PERBANDINGAN DAN SKALA SMP KELAS VII

Sukmawati, Nur'aini (2017) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI PERBANDINGAN DAN SKALA SMP KELAS VII. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI_LENGKAP_NUR'AINI.pdf]
Preview
PDF
Download (18MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena isi materi yg ada pada LKPD yg digunakan di SMP Muhammadiyah 5 Bandar Lampung tidak sesuai dengan Kopetensi Dasar (KD), bahasa yang digunakan kurang luas dan kurang mudah dipahami, desain gambar yg digunakan kurang menarik minat peserta didik untuk belajar matematika Adapun rumusan masalah yaitu bagaimana mengembangkan LKPD Perbandingan dan Skala berbasis Problem Based Learning (PBL) ?. Bagaimana respon ahli materi, ahli media, ahli bahasa serta peserta didik terhadap Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi Perbandingan dan Skala ?. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD Perbandingan dan Skala berbasis Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini yaitu model Borg and Gall dalam Sugiyono, penelitian dibatasi pada tujuh tahapan, yaitu: 1) Potensi dan Masalah, 2) Mengumpulkan informasi, 3) Desain Produk, 4) Validasi Desain, 5) Revisi Desain, 6) Uji Coba Produk, 7) Revisi Produk. LKPD Perbandingan dan Skala berbasis Problem Based Learning (PBL) dikembangkan melalui tahapan validasi ahli materi, ahli bahasa dan ahli media, serta diujicobakan kepada peserta didik. Subjek ujicoba dilakukan di SMP Muhammadiyah 5 Bandar Lampung yang berjumlah 29 peserta didik. Hasil penelitian dan analisis penilaian oleh para ahli LKPD yang dikembangkan layak dijadikan sebgai salah satu media pembelajaran matematikan untuk peserta didik SMP kelas VII. Berdasarkan penilaian dari uji ahli materi, ahli media dan ahli bahasa persentase kelayakan yang diperoleh berturut-turut adalah 77%, 79% dan 86% dan hasil ujicoba kepada peserta didik persentase yang diperoleh adalah 83%. Berdasarkan hasil penelitian dan penilaian dari para ahli serta ujicoba kepada siswa maka dapat disimpulkan bahwa LKPD Perbandingan dan Skala berbasis Problem Based Learning (PBL) layak digunakan sebagai media pembelajan matematika untuk siswa SMP kelas VII. Kata Kunci : LKPD, Perbandingan dan skala, Problem Based Learning (PBL)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: PERPUSTAKAAN PUSAT UIN RIL
Date Deposited: 27 Nov 2017 06:54
Last Modified: 27 Nov 2017 06:54
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2468

Actions (login required)

View Item View Item