PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY LESSON (IL)BERBASIS MIND MAPPING TERHADAP LITERASI SAINS DITINJAU DARI SIKAP ILMIAH PESERTA DIDIK DI SMA YP UNILA BANDAR LAMPUNG

Ayu Prasetyaningsih, Dyah (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY LESSON (IL)BERBASIS MIND MAPPING TERHADAP LITERASI SAINS DITINJAU DARI SIKAP ILMIAH PESERTA DIDIK DI SMA YP UNILA BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (81MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY LESSON (IL) BERBASIS MIND MAPPING TERHADAP LITERASI SAINS DITINJAU DARI SIKAP ILMIAH PESERTA DIDIK DI SMA YP UNILA BANDAR LAMPUNG Oleh : DYAH AYU PRASETYANINGSIH Literasi sains sebagai kapasitas untuk menggunakan pengetahuan ilmiah, mengidentifikasi pertanyaan dan menarik kesimpulan berdasarkan fakta dan data untuk memahami alam semesta dan membuat keputusan dari perubahan yang terjadi karena aktivitas manusia. Pembelajaran sains yang masih mentransfer ilmu pengetahuan kepada siswa dan masih berpusat pada guru, mengakibatkan tidak diperolehnya pengalaman untuk memahami konsep, perlu adanya perbaikan terhadap proses pembelajaran dengan menerapkan pembelajaran yang efesien dan aktif, salah satunya dengan model pembelajaran Inquiry Lesson. Inquiry Lesson dalam penyelidikannya dilakukan oleh siswa dengan berdasarkan pada petunjuk-petunjuk guru, LKPD, Mind Mapping. Berdasarkan pra penelitian menunjukan bahwa Literasi Sains peserta didik di SMA YP UNILA Bandar Lampung masih rendah dan Mind Mapping belum diterapkan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi experiment dengan desain faktorial 3x2 dengan teknik analisis data annava dua jalur. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XII SMA YP UNILA Bandar Lampung. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik cluster random sampling dengan materi enzim dan metabolisme. Proses pengumpulan data peneliti menggunakan instrumen tes, angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian, model pembelajaran Inquiry Lesson terhadap Literasi Sains pada kelas kontrol diperoleh hasil uji hipotesis literasi sains ditemukan nilai Fhitung< Ftabel, 1792,597 < 3,884; 3973,365< 3,037; 7,960< 3,037, artinya H0 ditolak H1 diterima, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh literasi sains peserta didik antara kelas yang menggunakan model Inquiry Lesson (IL) berbasis Mind Mapping dengan kelas yang menggunakan model Direct Instruction (DI), terdapat pengaruh literasi sains peserta didik antara kelas yang menggunakan model Inquiry Lesson (IL) berbasis Mind Mapping pada peserta didik yang memiliki sikap ilmiah tinggi, sedang, dan rendah, terdapat pengaruh interaksi antara penggunaan model Inquiry Lesson (IL) berbasis Mind Mapping dengan sikap ilmiah terhadap literasi sains peserta didik di SMA YP UNILA Bandar Lampung. Kata Kunci: Inquiry Lesson, Mind Mapping, Literasi Sains dan Sikap Ilmiah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: PERPUSTAKAAN PUSAT UIN RIL
Date Deposited: 28 Nov 2017 01:52
Last Modified: 28 Nov 2017 01:52
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2465

Actions (login required)

View Item View Item