OPTIMALISASI PELAKSANAAN KURIKULUM DALAM UPAYA MENINGKATKAN ANGKA KELULUSAN UJIAN AKHIR MADRASAH BERSTANDAR NASIONAL (UAMBN) SISWA MTs NEGERI 1 BANDAR LAMPUNG

Susanto, Yuli (2017) OPTIMALISASI PELAKSANAAN KURIKULUM DALAM UPAYA MENINGKATKAN ANGKA KELULUSAN UJIAN AKHIR MADRASAH BERSTANDAR NASIONAL (UAMBN) SISWA MTs NEGERI 1 BANDAR LAMPUNG. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of daftar_isi,kta_pengtr,abstrak.pdf]
Preview
PDF
Download (124kB) | Preview
[thumbnail of BAB_I.pdf]
Preview
PDF
Download (119kB) | Preview
[thumbnail of BAB_II.pdf]
Preview
PDF
Download (253kB) | Preview
[thumbnail of BAB_III.pdf]
Preview
PDF
Download (34kB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV.pdf]
Preview
PDF
Download (110kB) | Preview
[thumbnail of BAB_V.pdf]
Preview
PDF
Download (19kB) | Preview

Abstract

Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan kemampuan, membentuk watak, dan peradaban bangsa serta bertujuan mencerdaskan kehidupan bangsa, mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlaq mulia. Berdasarkan fungsi dan tujuan pendidikan diatas, secara spesifik Pemerintah memiliki kewajiban untuk menetapkan berbagai kebijakan strategis dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan dan sumber daya manusia dalam menghadapi perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni. Salah satu kebijakan strategis yang digulirkan pemerintah adalah Ujian Nasional (UN) untuk SMP, dan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) untuk Madrasah. Seiring dengan realisasi Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional, maka pemerintah melalui Dirjen Pendidikan Agama Islam juga mengeluarkan keputusan tentang standar kelulusannya, yaitu dikembalikan kepada kriteria ketuntasan minimal (KKM) di sekolah masing-masing. Dalam menghadapi kebijakan Pemerintah tersebut MTsN 1 Bandar Lampung telah melaksanakan upaya yang dianggap sangat penting dalam peningkatan kelulusan siswa dengan memprioritaskan pelaksanaan kurikulumnya, dengan harapan angka kelulusan siswa menjadi stabil dan mencapai 100%,. Berdasarkan hal tersebut maka rumusan masalahnya adalah bagaimana optimalisasi pelaksanaan kurikulum di MTsN 1 Bandar Lampung dalam meningkatkan angka kelulusan siswa pada UAMBN. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan secara mendalam optimalisasi pelaksanaan kurikulum dalam rangka meningkatkan angka kelulusan siswa dalam Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional yaitu dari aspek tujuan, materi/isi, strategi dan evaluasi, dan mudah-mudahan ini dapat dijadikan masukan dan motivasi bagi pihak sekolah yang berkompeten dalam meningkatkan mutu serta menegmbangkan ilmu pengetahuan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik (1) Wawancara (interviu) (2) Observasi (3) Dokumentasi. Sedangkan sumber data atau responden dalam penelitian ini adalah Kepala Madrasah, WAKA kurikulum, TU, guru yang mengajar Al qur’an Hadits, Aqidah Akhlaq, Fiqih, SKI dan Bahasa Arab. Hasil dan kesimpulan penelitian ini adalah guru MTsN 1 Bandar Lampung telah melaksanakan kurikulum dalam pembelajaran, dengan berupaya mengeksplorasi tujuan pengajaran, menjabarkan secara konkrit, menggunakan media/alat bantu dalam proses pembelajaran, dan mengevaluasi hasil belajar secara kontinu, sehingga rekomendasi hasil penelitian ini bagi guru adalah dengan mengoptimalkan komponen tujuan pengajaran dan tidak mengabaikan pembuatan RPP, membangun situasi kondusif, menggunakan strategi yang bervariatif dan evaluasi secara obyektif, mantauan terhadap KBM yang dilakukan oleh guru, serta mereview terhadap kualifikasi guru yang sesuai dengan kompetensi yang dimilikinya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 516 not found.
Date Deposited: 27 Nov 2017 04:52
Last Modified: 27 Nov 2017 04:52
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2462

Actions (login required)

View Item View Item