Yani, Indra (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DI SERTAI PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI BIOLOGI KELAS XI DI SMA GAJAH MADA BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, IAIN Raden Intan Lampung.
Preview |
PDF
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran yang masih berpusat pada guru menyebabkan siswa kurang aktif dalam pembelajaran, sehingga aktivitas siswa dalam pembelajaran Biologi kurang maksimal. Oleh karena itu, diperlukan model pembelajaran yang dapat membantu meningkatkan aktivitas belajar Biologi siswa. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Problem Based Learning di sertai peta konsep terhadap penguasaan konsep pada materi sistem eksekresi. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Ekseperimen, dengan populasi sebanyak 97 siswa sampel penelitian terdiri dari dua kelas dengan jumlah siswa sebanyak 61 orang. Sampel tersebu adalah siswa-siswi kelas XI IPA 1 berjumlah 31 siswa sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 31 siswa yang dipilih dengan teknik acak kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, hasil priktest, postest, dan dokumentasi . Bedasarkan hasil analisis data pada kelompok ekseperimen dan kontrol diperoleh hasil yaitu uji t nilai thitung 8,77575762 < 2.6603 sedangkan ttabel (0,05) sehingga H1 diterima maka dapat disimpulkan ada pengaru model pembelajaran Problem Based Learning terhadap penguasan konsep pada materi sistem eksekresi, siswa kelas XI pada mata pelajaran Biologi SMA Gajah Mada Bandar Lampung Tahun Ajaran 2015/2016. Kata kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning di sertai peta Konsep dan hasil belajar siswa Pada Materi Sistem Eksekresi Pada Manusia
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | ADMINLIB PERPUSTAKAAN |
Date Deposited: | 06 Mar 2017 08:02 |
Last Modified: | 06 Mar 2017 08:02 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/245 |
Actions (login required)
View Item |