KONSEP PENDIDIKAN MULTIKULTURAL MENURUT KI HAJAR DEWANTARA DITINJAU DARI PERSPEKTIF ISLAM

SISKA, AMBARWATI (2023) KONSEP PENDIDIKAN MULTIKULTURAL MENURUT KI HAJAR DEWANTARA DITINJAU DARI PERSPEKTIF ISLAM. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Keragaman suku bangsa, adat istiadat, agama dan bahasa yang ada di Indonesia sejak lama telah berusaha dirumuskan untuk disatukan dalam bingkai motto “Bhinneka Tunggal Ika” yang berarti beragam dalam satu ikatan. Kemajemukan tersebut pada satu sisi merupakan kekuatan sosial dan keragaman yang indah apabila satu sama lain bersinegri dan saling bekerja sama membangun bangsa. Namun, pada sisi lain kemajemukan tersebut seiring berjalan waktu juga akan dapat menimbulkan berbagai persoalan seperti yang dihadapi bangsa Indonesia saat ini. Ki Hajar Dewantara memberikan solusi yang dapat diterapkan khusunya di Indonesia yaitu Pendidikan Islam Multikultural. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep pendidikan multikultural dalam pemikiran Ki Hajar Dewantara dengan perspektif Islam. Pertanyaan yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah: Pertama, Bagaimana Konsep Pendidikan Multikultural Ki Hajar Dewantara perspektif Islam. Kedua, Bagaimana relevansi pemikiran Ki Hajar Dewantara tentang pendidikan multikultural perspektif Islam dengan pendidikan saat ini Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (Library research). Penelitian ini dilakukan melalui pengumpulan data dengan cara menggunakan bahan-bahan tertulis seperti buku-buku, catatan, artikel, jurnal, skripsi, tesis atau lainnya yang mendukung untuk penelitian ini. Adapun pengumpulan data dibagi menjadi dua sumber yaitu data primer dan sekunder. Kemudian data dianalisis menggunakan metode deskriptif-analitik. Hasil penelitian adalah pertama, bahwa Ki Hajar Dewantara mempunyai gagasan yang relevan dengan nilai-nilai pendidikan Multikultural dan sesuai dengan ajaran Islam. Gagasan tersebut meliputi: 1) Konsep Kemerdekaan Diri-Tertib Damai (Zelfbeschik Kingsrecht), 2) Kemanusiaan (Humanisme), dan 3) Demokrasi dan Kepemimpinan (Democratie en Leindershap). Dalam pelaksaannya ketiga gagasan tersebut melalui metode among. Kedua, relevansi Konsep Pendidikan Multikultural Ki Hajar Dewantara Perspektif Islam dengan konteks pendidikan kekinian yakni dapat menjadi solusi mewujudkan orientasi pendidikan yang mengedepankan kemerdekaan diri serta mengakui hak-hak orang lain dan mengedepankan permusyawaratan demi kepentingan bersama. Kata Kunci : Pendidikan Multikultural, Ki Hajar Dewantara, Perspektif Islam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Apr 2023 06:55
Last Modified: 13 Apr 2023 06:55
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/24322

Actions (login required)

View Item View Item