KINERJA OPERATOR MADRASAH DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI LAMPUNG UTARA

Hasan, Soparudin (2017) KINERJA OPERATOR MADRASAH DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI LAMPUNG UTARA. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

Full text not available from this repository.

Abstract

Peran Operator pada sistem pengelolaan Madrasah sekarang ini semakin penting. Pada masa lalu Operator hanya berperan sebagai juru kelola administrasi Madrasah yang berkaitan dengan pengelolaan data siswa, data pendidik dan tenaga kependidikan, persuratan, arsip, administrasi saranaprasarana, dan administrasi keuangan. Tetapi seiring dengan adanya penerapan Manajemen Berbasis Madrasah (MBS) membawa implikasi pada berkembangnya pengambilan keputusan bersama sebagai pusat pergerakan pengelolaan Madrasah, maka tugas Operator idealnya menjadi tim pengelola data sebagai bahan pengambilan keputusan Berbagai kerangka teori dikembangkan untuk mendukung proses adopsi inovasi terkait teknologi informasi, diantaranya adalah Innovation and Diffusion Theory (IDT) dan Technology Acceptance Model (TAM). Innovation and Diffusion Theory (IDT) adalah sebuah teori yang menjelaskan bagaimana dan mengapa suatu ide baru diterapkan (Rogers,1995), sedangkan Technology Acceptance Model (TAM) merupakan sebuah model yang dibangun untuk menganalisis dan memahami faktor‐faktor yang mempengaruhi diterimanya penggunaan teknologi (Davis, 1986). Sebagaimana yang telah di terangkan dalam latar belakang masalah di atas, agar tidak terjadi kesalahpahaman pengertian tentang masalah yang diteliti, maka selanjutnya Fokus Masalah yang akan diuraikan agar teridentifikasi yakni: Kinerja Operator Madrasah Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Lampung Utara yaitu : Kinerja operator Madrasah Ibtidaiyah Negeri Lampung Utara dalam menyelesaikan up date EMIS, dan Kinerja operator Madrasah Ibtidaiyah Negeri Lampung Utara dalam menyelesaikan up date SIMPATIKA. Tujuan yang dapat diperoleh dari penelitian ini, antara lain : Untuk mengetahui Kompetensi Operator Madrasah diharapkan penelitian ini dapat menjadi suatu acuan untuk dapat bekerja lebih baik lagi dan menyadari akan pentingnya kinerja mereka bagi lembaga Madrasah, Apa saja kendala yang dihadapi oleh Operator Madrasah, sehingga penelitian ini dapat memberikan informasi mengenai kinerja pegawai Operator yang ada di Madrasah tersebut, bagi pihak-pihak terkait diharapkan penelitian ini dapat dijadikan bahan pertimbangan dalam upaya peningkatan kinerja pegawai Operator di Madrasah lain, adanya penelitian ini juga diharapkan dapat mendorong dan menjadi inspirasi bagi para peneliti selanjutnya, khususnya yang meneliti tentang sekitar masalah kinerja Operator dalam upaya peningkatan mutu layanan administrasi sehingga masalah-masalah yang muncul dapat segera diatasi secara benar, tepat dan cepat, tercapainya tujuan tentang Bantuan Operasional Sekolah untuk Madrasah dan Surat Keterangan Beban Kerja sebagai tujuan akhir dari Verifikasi dan Validasi Data Pokok Madrasah dalam hal ini adalah data yang ada di EMIS dan SIMPATIKA yang dilakukan secara On Line.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Users 516 not found.
Date Deposited: 24 Nov 2017 02:11
Last Modified: 24 Nov 2017 02:11
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2430

Actions (login required)

View Item View Item