KETERAMPILAN MANAJERIAL KEPALA MIN 3 LAMPUNG UTARA

Yusuf, Muhajir (2017) KETERAMPILAN MANAJERIAL KEPALA MIN 3 LAMPUNG UTARA. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Tesis_Muhajir_jd.pdf]
Preview
PDF
Download (971kB) | Preview

Abstract

Kemampuan manajerial kepala Madrasah merupakan faktor penting dan strategis dalam kerangka peningkatan kualitas dan kemajuan Madrasah yang dipimpinnya. Dengan adanya kemampuan manajerial diharapkan kepala Madrasah dapat menjadikan Madrasah yang dipimpinnya menjadi Madrasah efektif. Pada Madrasah yang efektif kepala Madrasah memiliki peran yang kuat dalam merencanakan, perorganisasian, pengarahan dan pengendalian. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimanakah Keterampilan keterampilam teknis (technical skill) kepala MIN 3 Lampung Utara ? 2) Bagaimanakah keterampilan hubungan manusia (humanrelation skill) Kepala MIN 3 Lampung Utara ? 3). Bagaimanakah keterampilan konseptual (conceptual skill) Kepala MIN 3 Lampung Utara ? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Keterampilan keterampilam teknis, keterampilan hubungan manusia dan keterampilan konseptual kepala MIN 3 Lampung Utara. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah Kepala Madrasah (sebagai key informan), Wakil kepala Madrasah, Guru, Pengawas Madrasah, Orang tua murid (komite Madrasah) dan tata usaha (sebagai informan). Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisa data penelitian dilakukan melalui langkahlangkah : (1) mengumpulkan data, (2) mereduksi data, (3) pemaparan data, dan (4) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian adalah : keterampilam teknis (technical skill) sebagai kepala madrasah dalam memngelola MIN 3 Lampung Utara Beliau dalam menggerakan waka,dewan guru dan staf dalam melakukan pekerjaanya masih dalam bentuk perwakilan saja kepada wakil kepala, guru dan staf tertentu saja, Dengan kemampuan beliau yang memiliki kemampuan verbal yang bagus memunculkan sedikit kendala yaitu beliau seringkali tidak bisa mengontrol ucapanya, penulis gambarkan seseorang dengan memiliki kemampuan bicara yg sangat bagus terkadang terlalu bertele-tele dalam penyampaikan informasi yang terkadang lupa titik fokus permasalahannya apa yang ingin di sampaikan, Bapak H.Riyono,S.Ag.,M.Pd.I sebagai kepala madrasah dalam memngelola MIN 3 Lampung Utara Beliau belum sigap menggerakan dewan guru dalam melakukan pekerjaanya. artianya semua guru belum diberikan job diskripsi secara rinci dan sesuai dengan bidang dan kemampuan masing-masing guru dan staf lainya. Diantara tiga keterampilan yang dimiliki oleh Kepala MadrasahIbtidaiyah Negeri 3 Lampung Utara yang terkuat dimiliki adalah Keterampilan Hubungan Manusiawi dan kekuatan yang paling besar dari Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Lampung Utara adalah kekompakan para gurunya dalam menghadapi apapun di madrasah, ada atau tidaknya kepala madrasah, madrasah tetap jalan dengan baik sehingga mempunyai kepercayaan tinggi dari masyarakat dan prestasi yang banyak hingga saat ini.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 24 Nov 2017 02:05
Last Modified: 24 Nov 2017 02:05
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2429

Actions (login required)

View Item View Item