ANALISIS FIQH SIYASAH TERHADAP PELAKSANAAN TUGAS KEPALA DESA DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (Studi di Desa Sugih Waras Kecamatan Banding Agung Kabupaten OKU Selatan)

INDAH, DWI LESTARI (2023) ANALISIS FIQH SIYASAH TERHADAP PELAKSANAAN TUGAS KEPALA DESA DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (Studi di Desa Sugih Waras Kecamatan Banding Agung Kabupaten OKU Selatan). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI INDAH DWI LESTARI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Pemberdayaan masyarakat desa merupakan salah satu upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat, melalui beberapa kegiatan seperti peningkatan prakarsa dan swadaya masyarakat, perbaikan lingkungan dan perumahan, pengembangan ekonomi desa, pengembangan lembaga keuangan desa, serta kegiatan-kegiatan yang dapat meningkatkan kemampuan masyarakat dalam menaikkan hasil produksinya. Oleh karena itu didalam membangun masyarakat desa terutama dalam bidang sosial ekonomi masyarakat dibutuhkan seorang pemimpin, dalam hal ini adalah Kepala Desa yang diharapkan berfungsi sebagai sumber inovasi, pembina, mengarahkan dan berfungsi sebagai komunikator untuk menyampaikan ide atau gagasan-gagasan kepada masyarakat desa, dalam rangka meningkatkan inisiatif dan kreatifitas masyarakat dalam mengolah, memelihara dan memanfaatkan sumber-sumber yang ada disekitarnya, untuk mencapai tingkat hidup yang lebih baik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan tugas Kepala Desa dalam pemberdayaan masyarakat desa Sugih Waras Kecamatan Banding Agung Kabupaten OKU Selatan. Dan bagaimana tinjauan Fiqh Siyasah terhadap pelaksanaan tugas Kepala Desa dalam pemberdayaan masyarakat Desa Sugih Waras Kecamatan Banding Agung Kabupaten OKU Selatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan tugas Kepala Desa dalam pemberdayaan masyarakat desa Sugih Waras Kecamatan Banding Agung Kabupaten OKU Selatan dan untuk mengetahui tinjauan Fiqh Siyasah terhadap pelaksanaan tugas Kepala Desa dalam pemberdayaan masyarakat Desa Sugih Waras Kecamatan Banding Agung Kabupaten OKU Selatan. Jenis Penelitian ini yaitu studi lapangan (field research). Data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Data-data yang diperoleh diambil sebagai rujukan untuk selanjutya di analisa secara sistematis untuk menunjang dalam pembahasan. Kemudian di analisis sehingga menghasilkan metode induktif yaitu cara berpikir dalam iii mengambil kesimpulan secara umum yang didasarkan atas fakta-fakta yang bersifat khusus. Berdasarkan hasil analisis dapat dismpulkan bahwa pelaksanaan tugas Kepala Desa dalam pemberdayaan masyarakat desa Sugih Waras Kecamatan Banding Agung Kabupaten OKU Selatan menjalankan amanat Undang-Undang No. 6 Tahun 2014 sudah sesuai dengan konsep pemberdayaan masyarakat tetapi belum optimal, hal ini dikarenakan dalam setiap pelaksanaan kegiatan masih adanya pemberdayaan yang belum terlaksana. Dan Tinjauan Fiqh Siyasah pelaksanaan tugas Kepala Desa dalam pemberdayaan masyarakat sudah sesuai dengan konsep yang terkandung dalam fiqh siyasah namun belum optimal, Kepala Desa sebagai seorang pemimpin mengemban tugasnya kurang amanah dan bertanggung jawab. Kata kunci: Fiqh Siyasah, Pemerintah Desa, Pemberdayaan Masyarakat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Apr 2023 06:23
Last Modified: 13 Apr 2023 06:23
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/24280

Actions (login required)

View Item View Item