PENINGKATAN PENGUASAAN KOSA KATA BAHASA ARAB MELAUI STRATEGI TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) PADA SISWA KELAS XI SMA AL-AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2016-2017

Supartini, S (2017) PENINGKATAN PENGUASAAN KOSA KATA BAHASA ARAB MELAUI STRATEGI TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) PADA SISWA KELAS XI SMA AL-AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2016-2017. Undergraduate thesis, IAIN Raden Intan Lampung.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini berkaitan tentang peningkatan penguasaan kosa kata bahasa Arab melalui strategi TGT (Teams Games Tournaments) pada peserta didik kelas XI di SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung tahun pelajaran 2016, dengan tujuan untuk mengetahui dan menganalisis implementasi strategi TGT pada pelajaran mufradat. Dalam penelitian ini rumusan masalah yang penulis ajukan yaitu, “Apakah strategi TGT (Teams Games Tournaments) dapat meningkatkan penguasaan mufrodat pada peserta didik kelas XI SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2016 ?”. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung yang berjumlah 47 orang dengan pelaksanaan tindakan dua siklus. Berikutnya instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah lembar observasi, panduan wawancara dan dokumentasi, dengan menggunakan teknik analisis data P= F/(N ) x 100 =…%, dan M_(x= (∑▒X)/N), . Penelitian ini bersifat Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dianalisa secara kualitatif dan kuantitatif dengan menggunakan metode catatan lapangan sebagai metode pokok. Berdasarkan hasil observasi pada siklus I indikator yang paling menonjol adalah bagian Kemampuan membaca dan menulis sedangkan indikator yang lainnya tergolong cukup, sedangkan pada siklus II semua indikator dalam kategori baik. Sementara hasil tes penguasaan Mufrodat menunjukkan peningkatan dari presentase 19% sebelum diberi tindakan menjadi 65% pada siklus I, dan menjadi 85% pada siklus II. Hal ini menunjukkan bahwa pelaksanaan PTK dari siklus I dan II dengan menerapkan model pembelajaran Teams Games Tournaments disimpulkan dapat meningkatkan penguasaan Mufrodat peserta didik pada mata pelajaran bahasa Arab di kelas XI SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung. Kata Kunci: Penguasaan Mufrodat Peserta Didik, dan Model Pembelajaran Teams Games Tournaments.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: HAMID FAHMI FAHMI
Date Deposited: 06 Mar 2017 06:40
Last Modified: 06 Mar 2017 06:40
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/241

Actions (login required)

View Item View Item