PERAN CITRA MEREK (BRAND IMAGE) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK FASHION ZOYA DALAM ETIKA BISNIS ISLAM (Studi Pada Mahasiswi Ukm Bapinda IAIN RADEN INTAN LAMPUNG)

Wati, Elida (2017) PERAN CITRA MEREK (BRAND IMAGE) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK FASHION ZOYA DALAM ETIKA BISNIS ISLAM (Studi Pada Mahasiswi Ukm Bapinda IAIN RADEN INTAN LAMPUNG). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (70MB) | Preview

Abstract

Persaingan bisnis dalam era globalisasi menuntut perusahaan harus mampu bersikap dan bertindak cepat dan tepat dalam menghadapi persaingan di lingkungan bisnis yang bergerak sangat dinamis dan penuh dengan ketikdakpastian. Oleh karena itu, setiap perusahaan di tuntut bersaing secara kompetitif dalam hal menciptakan dan mempertahankan konsumen yang loyal (pelanggan), yaitu salah satunya melalui persaingan merek untuk memberikan citra khusus bagi konsumennya. Persaingan perusahaan untuk memperebutkan konsumen tidak lagi terbatas pada atribut fungsional produk seperti kegunaan produk, melainkan sudah dikaitkan dengan merek yang mampu memberikan citra khusus bagi pemakainya, dengan kata lain peranan merek mengalami pergeseran pada tingkat persaingan yang rendah, merek hanya sekedar membedakan antara satu produk dengan produk lainnya atau merek sekedar (just a name). Oleh sebab itu penelitian ini ingin mengetahui pengaruh citra merek terhadap keputusan pembelian. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah peran citra merek (brand image) berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk fashion Zoya dilihat dari sudut pandang konsumen (Mahasiswi Ukm Bapinda). Bagaimana pandangan Etika Bisnis Islam terhadap peran citra merek terhadap keputusan pembelian produk fashion Zoya Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan persamaan regresi merupakan penelitian lapangan. Sumber data berupa data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara, quisioner, dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 150 konsumen atau responden dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 60 konsumen atau responden dengan menggunakan teknik penentuan jumlah sampel Slovin. Untuk proses analisis data menggunakan analisis regresi sederhana, dengan citra merek (brand image) sebagai variabel bebas atau independen dan keputusan pembelian sebagai variabel terikat atau dependen. Bedasarkan hasil penelitian yang dilakukan penulis, secara persial variabel pendayagunaan citra merek memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel keputusan pembelian. Hal ini dibuktikan bahwa, nilai thitung sebesar 5,668 > ttabel sebesar 2,00172 dan dengan taraf signifikan hasil sebesar 0,000 < 0.05, dengan demikian Ha diterima dan H0 ditolak. citra merek semakin baik atau naik maka keputusan pembelian (Y) akan mengalami peningkatan sebesar 58,9%. Untuk kontribusi variabel citra merek dalam menjelaskan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian yaitu 35,6%, serta sisanya 64,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak terdapat pada penelitian ini. maka dapat disimpulkan bahwa citra merek (brand image) berpengaruh signipikan terhadap keputusan pembelian produk fashion zoya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: Users 516 not found.
Date Deposited: 23 Nov 2017 04:35
Last Modified: 23 Nov 2017 04:35
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2409

Actions (login required)

View Item View Item