ANALISIS KETERAMPILAN MENGAJAR GURU TERHADAP KEAKTIFAN DAN MOTIVASI BELAJAR PASCA PANDEMI COVID 19 PADA SISWA KELAS VB DI MI DARUL HUDA BANDAR LAMPUNG

Sovi, Amalia (2023) ANALISIS KETERAMPILAN MENGAJAR GURU TERHADAP KEAKTIFAN DAN MOTIVASI BELAJAR PASCA PANDEMI COVID 19 PADA SISWA KELAS VB DI MI DARUL HUDA BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRISPI 1-2.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRISPI SOVI AMALIA .pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya penerapan keterampilan mengajar guru didalam kelas sehingga mengakibatkan peserta didik tidak sepenuhnya fokus dan semangat belajar terutama pasca pandemi covid 19. Keaktifan dan motivasi belajar jauh berbeda ketika pembelajaran dilaksanakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis keterampilan mengajar guru terhadap keaktifan dan motivasi belajar pasca pandemi covid 19. Terdapat 8 indikator keterampilan mengajar guru. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif analisis. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas VB dan juga peserta didik MI Darul Huda Bandar Lampung. Uji valisitas yang digunakan pada penelitian ini adalah triangulasi data sumber, triangualasi teknik dan waktu. Hasil analisis menunjukan bahwa guru kelas VB sudah melaksanakan 8 keterampilan mengajar guru sehingga membuat keaktifan dan motivasi belajar siswa meningkat pada pasca pandemi covid 19 ini. Pada keterampilan membuka dan menutup pembelajaran guru sudah melaksanakan dengan baik. Pada keterampilan bertanya guru juga melaksanakan dengan baik sehingga menjadikan siswa dikelas VB ini menjadi aktif. Pada keterampilan memberikan penguatan guru telah memberikan penguatan kepada siswa secara verbal dan non verbal. Pada keterampilan mengadakan variasi guru telah menggunakan media pembelajaran secara sederhana yakni dengan menggunakan media gambar. Pada keterampilan menjelaskan dalam menjelaskan guru menekankan poin-poin penting penting yang disampaikan pada peserta didik dan guru menjelaskan juga dengan menggunakan kalimat sederhana yang mudah dipahami oleh siswa. Pada keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil guru membagi peserta didik didalam kelompok. Pada keterampilan mengelola kelas, guru memberikan pengawasan terhadap peserta didik didalam kelas. Pada keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan, pada saat didalam kelas guru juga telah menjalin hubungan baik dengan orang tua siswa untuk mempermudah proses pembelajaran baik disekolah maupun dirumah. Kata Kunci : Keterampilan Mengajar Guru, Keaktifan dan Motivasi Belajar. iv ABSTRACT The background of this research is the lack of application of teacher teaching skills in the classroom resulting in students not being fully focused and enthusiastic about learning, especially after the Covid 19 pandemic. The activity and motivation to learn are much different when learning is carried out. The purpose of this study was to analyze teacher teaching skills on learning activity and motivation after the Covid-19 pandemic. There are 8 indicators of teacher teaching skills. This type of research is a qualitative research with descriptive analysis method. Data collection techniques using interview techniques, observation and documentation. The subjects in this study were class VB teachers and also students at MI Darul Huda Bandar Lampung. The validity test used in this study was source data triangulation, technique and time triangulation. The results of the analysis show that class VB teachers have implemented 8 teacher teaching skills so as to increase student activity and motivation during the post-covid 19 pandemic. In the skills of opening and closing learning the teacher has carried out well. The teacher's questioning skills also carry out well so that the students in this VB class become active. In the skills of giving reinforcement the teacher has given reinforcement to students verbally and non�verbally. In the skills of carrying out variations, the teacher has used learning media in a simple way, namely by using media images. In explaining skills in explaining the teacher emphasizes important important points conveyed to students and the teacher also explains using simple sentences that are easy for students to understand. In the skills of guiding small group discussions the teacher divides students into groups. In class management skills, the teacher provides supervision of students in the class. In small group and individual teaching skills, while in class the teacher has also established good relations with the parents of students to facilitate the learning process both at school and at home. Keywords: Teacher teaching skills, Learning Activity and Motivation.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Apr 2023 07:28
Last Modified: 12 Apr 2023 07:28
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/24002

Actions (login required)

View Item View Item