PEMBELAJARAN QAWA’ID BAHASA ARAB BAGI PESERTA DIDIK KELAS VIII MTs FUTUHIYYAH 1 BUKIT KEMUNING LAMPUNG UTARA

Ulya, Ismi Azizah (2017) PEMBELAJARAN QAWA’ID BAHASA ARAB BAGI PESERTA DIDIK KELAS VIII MTs FUTUHIYYAH 1 BUKIT KEMUNING LAMPUNG UTARA. Undergraduate thesis, IAIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of skripsi_lengkap_arab_ismi_ok.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Qawa’id dalam bahasa Arab yaitu susunan yang ditinjau dari ilmu nahwu dan shorof. Ilmu nahwu adalah ilmu yang membahas kedudukan kalimat dalam bahasa arab, sedangkan ilmu shorof adalah ilmu yang membahas perubahan asal suatu kata ke beberapa kata untuk mendapat arti yang berbeda-beda. Qawa’id adalah salah satu ilmu yang harus dipelajari dalam pembelajaran bahasa Arab agar mampu membaca dan membuat kalimat. Di kelas VIII MTs Futuhiyyah 1 Bukit Kemuning Lampung Utara telah diajarkan qawa’id bahasa Arab, akan tetapi kemampuan peserta didik dalam memahami qawa’id bahasa Arab masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana proses pembelajaran qawa’id bahasa Arab bagi peserta didik kelas VIII MTs Futuhiyyah1 Bukit Kemuning Lampung Utara, dengan demikian dapat diketahui tentang bagaimana proses dan pelaksanaan pembelajaran qawa’id disekolah tersebut. Jenis dalam penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif dengan menggunakan metode pengumpulan data observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Semua bahan yang terkumpul tersebut merupakan bahan-bahan untuk mendeskripsikan tentang pembelajaran qawa’id bahasa Arab di MTs Futuhiyyah 1. Dari hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa proses pembelajaran qawa’id bahasa Arab menggunakan tiga tahap. yakni tahap perencanaan dimana pada tahap ini dilakukan penyusunan program pembelajaran yang dimulai dengan merumuskan tujuan pembelajaran dan diakhiri dengan evaluasi pembelajaran, tahap pelaksanaan pembelajaran dimana pembelajaran dilakukan dengan beberapa tahap yakni pada saat memulai proses pembelajaran, pada saat pemberian bahan pelajaran dan pada saat penilaian dan yang terakhir tahap evaluasi yang dilakukan dengan teknik tes tertulis, tes lisan dan penugasan. Dari hassil penelitian dapat diketahui bahwa faktor penyebab kemapuan qawa’id bahasa Arab siswa MTs Futuhiyyah 1 masih rendah adalah kurangnya latihan dan praktek menerapkan materi yang telah diajarkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: HAMID FAHMI FAHMI
Date Deposited: 06 Mar 2017 06:40
Last Modified: 06 Mar 2017 06:40
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/240

Actions (login required)

View Item View Item