NURUL, SETIANA (2023) UPAYA GURU DALAM MENCEGAH BULLYING MELALUI PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI DI PAUD AULIA RAHMA DESA TANJUNG MAS KECAMATAN NEGERI BESAR KABUPATEN WAY KANAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (1MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Bullying merupakan perilaku negatif yang bersifat agresif dan manipulatif,dilakukan satu orang bahkan lebih, dengan cara kontak fisik langsung atau kontak verbal langsung. Sedangkan pendidikan karakter adalah suatu system penamaan nilai-nilai karakter baik, kepada siswa yang meliputi komponen pengetahuan, kesadaran atau kemauan dan tindakan untuk melaksanakan nilai-nilai tersebut, baik terhadap Tuhan Yang Maha Esa, diri sendiri, sesama manusia, dan lingkungan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis upaya guru dalam mencegah bullying melalui pendidikan karakter anak usia dini di PAUD Aulia Rahma Kecamatan Negeri Besar Kabupaten Way Kanan. Metode Penelitian yang digunakan adalah kualitatif Case Study (Embedded analisys desain single-unit of analysis). Teknik pengumpulan data menggunakan Observasi, Wawancara dan Dokumentasi Analisis, dengan informan wawancara 2 orang guru berpengalaman. Kemudian data di analisis dengan teknik Tringulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa upaya guru dalam mencegah bullying melalui pendidikan karakter anak usia dini di PAUD Aulia Rahma Desa Tanjung Mas Kecamatan Negeri Besar Kabupaten Way Kanan sebagai berikut : (1) Memberikan Pemahaman, Nasehat Yang Baik dan Tidak Membedak-bedakan Teman,(2) guru selalu bersikap positif, (3) pengembangan empati, (4) Komunikasi dengan orang tua, agar anak mendapatkan bimbingan tidak hanya di sekolah tapi juga di rumah. Penelitian ini dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif untuk pencegahan bullying anak usia dini. Pembentukan karakter yang ditanamkan sejak dini akan membentuk kebiasaan yang baik (habit), sehingga sifat anak sudah terukir sejak kecil. Keywords : Bullying , Pendidikan Karakter, Prasekolah iii ABSTRACT Bullying is negative behavior that is aggressive and manipulative, carried out by one person or more, by means of direct physical contact or direct verbal contact. Whereas character education is a system of naming good character values, to students which includes components of knowledge, awareness or will and action to carry out these values, both towards God Almighty, oneself, fellow human beings, and the environment.The purpose of this research is to analyze the teacher's efforts to preventbullying through early childhood character education at PAUD Aulia Rahma, Negeri Besar District, Way Kanan Regency. The research method used is qualitativeCase Study (Embedded analisys designsingle-unit of analysis). Data collection techniques used Observation, Interview and Documentation Analysis, with interview informants 2 experienced teachers. Then the data were analyzed using the triangulation technique. The results of the study show that the efforts of teachers in preventing bullying through early childhood character education in PAUD Aulia Rahma, Tanjung Mas Village, Negeri Besar District, Way Kanan Regency are as follows: (1) Providing Understanding, Good Advice and Not Discriminating Friends, (2) teachers always have a positive attitude, (3) developing empathy, (4) Communication with parents, so that children get guidance not only at school but also at home. This research can be used as an alternative for preventing bullying in early childhood. The formation of character that is instilled from an early age will form good habits (habit), so that the child's character has been engraved since childhood. Keywords : bullying, character education, preschool
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 12 Apr 2023 02:17 |
Last Modified: | 12 Apr 2023 02:17 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23988 |
Actions (login required)
View Item |