PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING BAGI MAHASISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI UIN RADEN INTAN LAMPUNG

Ika, Wijayanti (2023) PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING BAGI MAHASISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI UIN RADEN INTAN LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL IKA WIJAYANTI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Internet dapat dijadikan media untuk mentransfer ilmu pengetahuan dari Dosen kepada mahasiswa/mahasiswi. Adapun pembelajaran yang memanfaatkan internet salah satunya adalah media pembelajaran e-learning. E-learning tercipta untuk mengatasi keterbatasan antara pendidik dan peserta didik terutama dalam hal waktu, ruang, kondisi, dan keadaan. Pada 31 Desember 2019 muncul kasus serupa dengan pneumonia, kasus tersebut diakibatkan oleh virus Corona atau yang dikenal dengan Covid-19 (Corona Virus Disease-2019). Wabah covid-19 mendesak pengujian pendidikan jarak jauh hampir yang belum pernah dilakukan secara serempak sebelumnya bagi semua elemen pendidikan yakni peserta didik, guru hingga orang tua. Fokus pembahasan skripsi ini terkait tentang peranan e-learning sebagai media pembelajaran bagi mahasiswa pendidikan agama Islam pada masa pandemi Covid-19 di UIN Raden Intan Lampung, faktor pendukung dan penghambat e-learning sebagai media pembelajaran. Rumusan Masalah penelitian ini yaitu 1) Bagaimana pemanfaatan media pembelajaran e-learning bagi mahasiswa Pendidikan Agama Islam di UIN Raden Intan Lampung, 2) Apa faktor pendukung dan penghambat e-learning sebagai media pembelajaran bagi mahasiswa Pendidikan Agama Islam di UIN Raden Intan Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan media pembelajaran e-learning bagi mahasiswa pendidikan agama Islam dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat dari e-learning sebagai media pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan penulis adalah metode penelitian kualitatif. Sedangkan sifat penelitian ini ditempuh melalui analisis deskriptif. Dalam penelitian ini yang menjadi subyek penelitian adalah mahasiswa jurusan PAI angkatan 2019-2021. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner (angket) dan dokumentasi yang dilakukan secara online dengan bantuan aplikasi Google Form dan Whatsapp. Adapun butir pertanyaan berjumlah 5 pertanyaan. Jawaban dari tiap-tiap informan itu lantas diketik ulang untuk memudahkan nantinya dalam menganalisis data. Untuk memperoleh keabsahan data, penelitian ini menggunakan 2 triangulasi yaitu triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peranan aplikasi e-learning sebagai media pembelajaran bagi mahasiswa PAI dalam memanfaatkan aplikasi e-learning memiliki kepuasan dalam pembelajaran. Karena aplikasi tersebut memudahkan untuk dipelajari, mampu menunjang kegiatan pembelajaran dengan cukup baik, efektif dan tentunya lebih hemat dalam penggunaan aplikasi tersebut karena tidak terlalu makan biaya yang cukup besar. Adapun hasil penelitian mengenai faktor pendukung e-learning sebagai media pembelajaran PAI yaitu dengan adanya eletronik yang canggih saat ini Android, sinyal dan kuota yang memadai dapat mempermudah mahasiswa dalam pembelajaran secara daring/online, media yang paling efektif sebagai pengganti pembelajaran konvensional dan termasuk aplikasi yang mudah diakses kapan saja dan dimana saja mereka berada tanpa dibatasi oleh waktu. Faktor hambatan e-learning sebagai media pembelajaran yaitu adanya jaringan sinyal yang buruk bagi daerah yang tidak terjangkau jaringan internet, kuranganya penguasaan aplikasi e-learning dan membutuhkan inovasi dalam pembelajaran baik dari strategi mengajar maupun metode penyampaian materi dari pendidik sehingga belajar mengajar merasa nyaman saat daring/online menggunakan aplikasi tersebut. Kata kunci : Media Pembelajaran, E-learning v ABSTRACT The internet can be used as a medium for transferring knowledge from lecturers to students. As for learning that utilizes the internet, one of them is e-learning learning media. E-learning was created to overcome the limitations between educators and students, especially in terms of time, space, conditions and circumstances. On December 31 2019 a case similar to pneumonia appeared, this case was caused by the Corona virus or what is known as Covid-19 (Corona Virus Disease-2019). The Covid-19 outbreak has urged remote education testing, which has never been carried out simultaneously before for all elements of education, namely students, teachers and parents. The focus of this thesis discussion is related to the role of e-learning as a learning medium for Islamic religious education students during the Covid-19 pandemic at UIN Raden Intan Lampung, the supporting and inhibiting factors of e-learning as a learning medium. The formulation of the research problems are 1) How to use e-learning learning media for Islamic Religious Education students at UIN Raden Intan Lampung, 2) What are the supporting and inhibiting factors of e-learning as a learning medium for Islamic Religious Education students at UIN Raden Intan Lampung. This study aims to determine the use of e-learning media for Islamic religious education students and to determine the supporting and inhibiting factors of e-learning as a learning medium. The research method used by the author is a qualitative research method. While the nature of this research is pursued through descriptive analysis. In this study, the research subjects were students majoring in PAI class of 2019-2021. The data collection tools used were questionnaires and documentation which were carried out online with the help of the Google Form and Whatsapp applications. The question items amounted to 5 questions. The answers from each informant were then retyped to make it easier to analyze the data later. To obtain data validity, this study used 2 triangulations, namely technical triangulation and time triangulation. The results of this study indicate that the role of e-learning applications as learning media for PAI students in utilizing e-learning applications has satisfaction in learning. Because these applications make it easy to learn, are able to support learning activities quite well, are effective and of course more economical in using these applications because they don't cost too much. The results of the research regarding the supporting factors of e-learning as a PAI learning media are the presence of sophisticated electronics at this time of Android, adequate signals and quotas can make it easier for students to learn online/online, the most effective media as a substitute for conventional learning and includes applications that easily accessible anytime and anywhere they are without being limited by time. The inhibiting factors of e-learning as a learning medium are the existence of a poor signal network for areas that are not covered by internet networks, lack of mastery of e-learning applications and the need for innovation in learning both in terms of teaching strategies and methods of delivering material from educators so that learning and teaching feel comfortable online online using the application. Keywords: Learning Media, E-learning

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 Apr 2023 03:14
Last Modified: 11 Apr 2023 03:35
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23936

Actions (login required)

View Item View Item