TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARI’AH TENTANG PEMBAYARAN UPAH PEMELIHARAAN HEWAN TERNAK (Studi Di Desa Bandar Sakti Kecamatan Terusan Nunyai Lampung Tengah)

Anisah, Putri Nurhasanah (2023) TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARI’AH TENTANG PEMBAYARAN UPAH PEMELIHARAAN HEWAN TERNAK (Studi Di Desa Bandar Sakti Kecamatan Terusan Nunyai Lampung Tengah). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of cover bab 1+5&dapus.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of full skripsi.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Setiap manusia pasti akan membutuhkan manusia yang lainnya, dengan kata lain akan selalu terhubung dengan orang lain. Manusia yang membutuhkan uang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya baik primer maupun sekunder akan berusaha mencari pekerjaan. Di Desa Bandar Sakti sebagian besar masyarakatnya bekerja sebagai karyawan di PT dan yang lainnya bekerja mengandalkan ladangnya dan ada juga beberapa orang yang membuka peternakan kecil-kecilan. Pada penelitian ini, memperkerjakan orang lain untuk mengelola dan memeliharan hewan ternak milik pihak pemberi kerja dan akan diberikan upah setelahnya. Ada beberapa pemilik ternak yang menggunakan sistem pemberian upah yang diberikan kepada pekerja dilakukan apabila hewan ternaknya baik kambing ataupun sapinya ada yang terjual. Selain itu, masa waktu yang pasti dalam kesepakatan bekerja diantara pihak pemberi kerja. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Data primer diperoleh langsung dari responden mengenai sistem kerja dan pelaksanaan pembayaraan upahnya, sedangkan data sekunder berupa teori-teori dan data penunjang yang diperoleh dari kepustakaan, monografi desa dan dokumentasi. Semua data tersebut merupakan bahan-bahan untuk mendeskripsikan pembayaran upah pemeliharaan hewan ternak di Desa Bandar Sakti Kecamatan Terusan Nunyai Kabupaten Lampung Tengah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa praktek pembayaran upah pemeliharaan hewan ternak Di Desa Bandar Sakti Kecamatan Terusan Nunyai Kabupaten Lampung Tengah belum melaksanakan ketentuan dari salah satu syaratnya yakni tidak adanya kepastian waktu kerja dan pembayaran upahnya tidak sesuai dengan hadist Nabi jika ditinjau dari segi hukum ekonomi syari’ah. Kata kunci : upah, ija>rah, hewan terna

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 Apr 2023 03:05
Last Modified: 11 Apr 2023 03:05
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23935

Actions (login required)

View Item View Item