PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN SYNERGETIC TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK SISWA KELAS X MA GUPPI PALAS KEC. SRAGI KAB. LAMPUNG SELATAN

SALMA, DWI MALISKA (2023) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN SYNERGETIC TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK SISWA KELAS X MA GUPPI PALAS KEC. SRAGI KAB. LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of cover bab 1-2+dapus.pdf] PDF
Download (11MB)
[thumbnail of full skripsi.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

ABSTRAK Pendidikan merupakan salah satu akademik yang berperan penting untuk mengubah tingkah laku dan dijadikan sebagai tolak ukur kualitas seseorang. Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan-permasalahan yang muncul dalam pembelajaran, yaitu rendahnya hasil belajar peserta didik dan strategi pebelajaran yang kurang bervariasi sehingga proses pembelajaran kurang menarik dan menyenangkan. Di MA Guppi Palas Kec. Sragi Kab. Lampung Selatan, hasil belajar peserta didik mata pelajaran Akidah Akhlak masih terbilang rendah. Oleh sebab itu, peneliti menggunakan strategi pembelajaran Synergetic Teaching pada pembelajaran yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh Strategi pembelajaran Synergetic Teaching terhadap hasil belajar Akidah Akhlak kelas X MA Guppi Palas Kec. Sragi Kab. Lampung Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan Quasy Eksperimen data bersifat statistik, dengan design yang digunakan adalah Nonequivalent Control Grup Design. Pengambilan sampel atau teknik sampling nya yaitu Purposive Sampling dengan kelas X IIS A sebagai kelas eksperimen dan kelas X IIS B sebagai kelas kontrol. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan tes berupa pilihan ganda untuk aspek kognitif pada materi membiasakan akhlak terpuji. Berdasarkan hasil analisis data dengan perhitungan t-test pada program spss v. 22 menunjukan bahwa hasil postest kelas kontrol dengan nilai sebesar 64.00 sedangkan kelas eksperimen 80.00 memperoleh nilai Sig. < 0,05 (5%) atau nilai sig < a yaitu diperoleh 0,000 < 0,05. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Oleh karena itu dapat disimpulkan berdasarkan perhitungan uji-t yang telah dilakukan bahwa ada pengaruh strategi pembelajaran Synergetic Teaching terhadap hasil belajar Akidah Akhlak peserta didik kelas X MA Guppi Palas Kec. Sragi Kab. Lampung Selatan. Kata Kunci: Strategi Synergetic Teaching dan Hasil Belajar iii ABSTRACT Education is one of the academics that plays an important role in changing behavior and is used as a benchmark for one's quality. This research is motivated by the problems that arise in learning, namely the low learning outcomes of students and learning strategies that are less varied so that the learning process is less interesting and fun. In MA Guppi Palas Kec. Sragi, South Lampung, the learning outcomes of students in the Akidah Akhlak subject are still relatively low. Therefore, the researcher uses the Synergetic Teaching learning strategy in learning which aims to determine the effect of the Synergetic Teaching learning strategy on the learning outcomes of Akidah Akhlak class X MA Guppi Palas Kec. Sragi South Lampung. This type of research is quantitative research with a Quasy approach. Experimental data is statistical in nature, with the design used is the Nonequivalent Control Group Design. Sampling or sampling technique is purposive sampling with class X IIS A as the experimental class and class X IIS B as the control class. The instrument in this study used a multiple�choice test for the cognitive aspects of the material to get used to commendable morals. Based on the results of data analysis with t-test calculations on the SPSS v program. 22 shows that the posttest results for the control class with a value of 64.00 while the experimental class 80.00, obtained the value of Sig. < 0.05 (5%) or sig < a value, which is obtained 0.000 < 0.05. Thus Ho is rejected and Ha is accepted. Therefore, it can be concluded based on the calculation of the t-test that has been carried out that there is an influence of the Synergetic Teaching learning strategy on the learning outcomes of Akidah Akhlak students of class X MA Guppi Palas Kec. Sragi South Lampung. Keywords: Synergetic Teaching Strategy and Learning Outcomes

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 Apr 2023 03:02
Last Modified: 11 Apr 2023 03:02
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23934

Actions (login required)

View Item View Item