PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MURDER (mood, Understand, Recall, Digest, Expand, Review ) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMAN 1 KATIBUNG

SALSA, DILA EKA JUNITA (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MURDER (mood, Understand, Recall, Digest, Expand, Review ) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMAN 1 KATIBUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL SALSA DILA EKA JUNITA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilakukan guna mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran MURDER (mood, Understand, Recall, Digest, Expand, Review ) terhadap kemampuan berpikir kritis ditinjau dari motivasi belajar peserta didik kelas X di SMAN 1 KATIBUNG. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain Quasi Experimental , dan mengumpulkan data menggunakan pre dan post test di dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian ini memfokuskan permasalahan dan menguji coba model pembelajaran MURDER di kelas eksperimen. Hasil uji hipotesis untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran MURDER terhadap kemampuan berpikir kritis siswa didapat hasil skor vali signifikan terkait Sig. (ρvalue) = 0.000 < α = 0.05. maka dapat disimpulkan bahwa H1 diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa, ada pengaruh yang positif penggunaan model pembelajaran MURDER terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik di kelas X IPA di SMAN 1 Katibung tahun pelajaran 2021/2022. Dengan skor rata rata tes awal pretest sebesar 54.00 dan hasil rata rata tes akhir post test sebesar 71.00 di kelas eksperimen yang mendapatkan treatment terkait penggunaan model pembelajaran MURDER. Sedangkan hasil uji hipotesis terkait motivasi peserta didik uji Sig 2 Tailed Sig. (ρvalue) = 0.004 < α = 0.05. maka dapat disimpulkan bahwa H1 diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa, ada pengaruh yang positif terhadap motivasi siswa dalam berpikir kritis pada pembelajaran BIologi khususnya materi Protista dengan nilai rata rata pada kuesioner motivasi peserta didik sebesar sebesar 60,56 dengan nilai std deviasi 11.500. Dari hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji t independent dapat disimpulkan bahwa. Kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar siswa pada materi Protista dengan menggunakan model pembelajaran MURDER memberikan kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar yang lebih baik daripada dengan menggunakan model pembelajaran. Kata kunci : berpikir kritis, MURDER, Motivasi belajar iii ABSTRACT This research was conducted to determine the effect of using the MURDER learning model (mood, understand, recall, digest, expand, review) on critical thinking skills in terms of the learning motivation of class X students at SMAN 1 KATIBUNG. This study uses a quantitative research method with a Quasi Experimental design, and collects data using pre and post tests in two classes, namely the experimental class and the control class. This study focuses on problems and tests the MURDER learning model in the experimental class. The results of the hypothesis test to determine the effect of the MURDER learning model on students' critical thinking skills obtained the results of a significant validation score related to Sig. (ρvalue) = 0.000 < α = 0.05. then it can be concluded that H1 is accepted and H0 is rejected. Thus it can be concluded that there is a positive influence on the use of the MURDER learning model on students' critical thinking skills in class X Science at SMAN 1 Katibung for the 2021/2022 academic year. With an average score of the initial pretest test of 54.00 and the average post-test result of 71.00 in the experimental class that received treatment related to the use of the MURDER learning model. While the results of the hypothesis test related to the motivation of the students in the Sig 2 Tailed Sig test. (ρvalue) = 0.004 < α = 0.05. then it can be concluded that H1 is accepted and H0 is rejected. Thus it can be concluded that there is a positive influence on students' motivation in thinking critically in biology learning, especially the Protista material with an average score on the student motivation questionnaire of 60.56 with a std deviation value of 11,500. From the results of hypothesis testing using the independent t test it can be concluded that. Critical thinking skills and student learning motivation in Protista material using the MURDER learning model provide better critical thinking skills and learning motivation than using the learning model. Keywords: critical thinking, MURDER, learning motivation

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 Apr 2023 02:46
Last Modified: 11 Apr 2023 02:46
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23933

Actions (login required)

View Item View Item