PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMP BERBANTUAN AL-QUR’AN PADA POKOK BAHASAN HIMPUNAN

Kurniawati, Eli (2017) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMP BERBANTUAN AL-QUR’AN PADA POKOK BAHASAN HIMPUNAN. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan matematika merupakan salah satu aspek kehidupan yang sangat penting peranannya dalam upaya melatih manusia lebih teliti dan cermat dalam bertidak namun kenyataannya, prestasi matematika peserta didik masih rendah, pembelajaran matematika yang konvensional sehingga kebanyakan peserta didik yang pasif dan pembelajaran yang masih hanya menggunakan buku paket dan LKS yang siap pakai sehingga antisipasi terhadap kesulitan belajar siswa sulit dilakukan, untuk upaya meningkatkan prestasi matematika dan mengurangi kesulitan siswa pada proses pembelajaran maka penulis melakukan pengembangan bahan ajar berbantuan Al-Qur’an materi himpunan pada pembelajaran matematika SMP. Penelitianini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) yang bertujuan menghasilkan pengembangan bahan ajar berbantuan Al-Qur’an materi himpunan pada pembelajaran matematika SMP yang layak digunakan menurut hasil validasi dari ahli materi, ahli bahasa, ahli agama, ahli media, dan membantu siswa untuk belajar lebih mandiri dan nyaman dalam proses belajar serta siswa sangat tertarik dengan bahan ajar (modul) berbantuan Al-Qur’an. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan Sugiyono sesuai dengan pengembangan, yang menggunakan tujuh tahapan dalam penelitian yaitu: 1) Observasi, 2) Pengumpulan dan Pengolahan Data, 3) Penyusunan Bahan Ajar, 4) Validasi Bahan Ajar, 5) Bahan Ajar Revisi, 6) Uji Coba skala Kecil dan Uji Coba skala Besar di SMPN 3 Bandar Lampung, 7) Bahan Ajar Revisi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket respon siswa. Analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil dari ahli materi, ahli bahasa, ahli agama, ahli media dengan hasil validasi layak digunakan dan bahan ajar berbantuan Al-Qur’an berdasarkan angket respon uji coba lapangan yang dilakukan pada 22 siswa dikategorika sangat menarik sehingga bahan ajar (modul) berbantuan Al-Qur’an sangat membatu siswa dalam proses belajar dan layak digunakan serta siswa sangat tertarik pada bahan ajar (modul) berbantuan Al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 516 not found.
Date Deposited: 22 Nov 2017 07:01
Last Modified: 22 Nov 2017 07:01
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2393

Actions (login required)

View Item View Item