PENGARUH PEMASARAN MEDIA SOSIAL TERHADAP EKUITAS MEREK NESTLE PURE LIFE DENGAN KOMUNIKASI PEMASARAN SEBAGAI MODERASI DALAM PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (Studi Pada Konsumen Personal Care Di Kota Bandar Lampung)

NURUL, ARSITA (2023) PENGARUH PEMASARAN MEDIA SOSIAL TERHADAP EKUITAS MEREK NESTLE PURE LIFE DENGAN KOMUNIKASI PEMASARAN SEBAGAI MODERASI DALAM PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (Studi Pada Konsumen Personal Care Di Kota Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of BAB I & V.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI NURUL ARSITA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Internet telah mengubah segala aktivitas manusia secara digital lewat berbagai macam perangkat mobile. Perubahan cukup besar terjadi pada aktivitas bisnis yang ditandai dengan munculnya perusahaan-perseroan yang menerapkan e-business dan dikaitkan dengan konsep bisnis yang dibangun memakai sistem website dan e�marketing (pemasaran online). Membangun ekuitas merek yang dapat memberikan keuntungan dan manfaat bagi perusahaan maupun pelanggan merupakan salah satu konsep bisnis yang dapat dilakukan di media sosial. Merek dianggap sebagai jiwa oleh pemilik bisnis, yang keberadaannya sangat penting untuk dijaga setiap saat. Apabila terjadi kesalahan layanan atau komunikasi, baik disengaja maupun tidak disengaja, maka diperlukan perbaikan segera. karena pelanggan percaya merek tidak lagi memiliki kredibilitas jika dibiarkan begitu saja. Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah, pertama apakah pemasaran media sosial berpengaruh terhadap ekuitas merek, kedua apakah komunikasi pemasaran berpengaruh terhadap ekuitas merek, ketiga apakah komunikasi pemasaran memperkuat atau memperlemah hubungan pemasaran media sosial terhadap ekuitas merek, kelima bagaimana ekuitas merek pada merek nestle pure life dalam perspektif bisnis Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan pada konsumen personal care produk dengan merek Nestle Pure Life yang berjumlah 150 responden. Penarikan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik nonprobability sampling yaitu purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan penyebaran kuesioner kepada konsumen personal care yang berada di Kota Bandar Lampung secara online via google form. Metode analisis yang dilakukan dalam penelitian ini ialah analisis regresi sederhana dan Moderated Regression Analysis (MRA). Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan program SPSS (Social Product of Social Science). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pemasaran media sosial (X) terhadap ekuitas merek (Y) Nestle Pure Life di Kota Bandar Lampung. Kedua, terdapat pengaruh positif signifikan antara komunikasi pemasaran (M) terhadap ekuitas merek (Y) Nestle Pure Life di Kota Bandar Lampung. Ketiga, komunikasi pemasaran (M) memperlemah hubungan antara pemasaran media sosial (X) terhadap ekuitas merek (Y) Nestle Pure Life di Kota Bandar Lampung. Keempat, ialah ekuitas merek Nestle Pure Life di Kota Bandar Lampung dalam perspektif bisnis Islam dalam kategori kurang baik. Kata Kunci : Pemasaran Media Sosial, Komunikasi Pemasaran, Ekuitas Merek

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Apr 2023 07:26
Last Modified: 11 Apr 2023 02:59
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23926

Actions (login required)

View Item View Item