IMPLEMENTASI DESAIN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS V MIN 6 BANDAR LAMPUNG

MELISA, PUTRI (2023) IMPLEMENTASI DESAIN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS V MIN 6 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI MELISA PUTRI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang penulis temukan di MIN 6 Bandar Lampung yaitu rendahnya kreativitas peserta didik dalam pembelajaran IPS. Permasalahan tersebut peneliti ketahui berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang peneliti lakukan di lapangan. Proses pembelajaran IPS dilaksanakan dengan hanya mencatat dan meghafal sehingga peserta didik kurang memahami materi yang diajarkan. Salah satu penyebabnya adalah belum optimalnya variasi dan inovasi pendidik dalam penggunaan model pembelajaran, sehingga peserta didik cenderung pasif yang menyebabkan komunikasi satu arah, mengakibatkan pembelajaran menjadi kurang menarik dan membosankan karena peserta didik kurang didorong untuk aktif serta membuat peserta didik kurang kreatif dalam mempelajari materi yang diajarkan. Dalam hal ini peneliti megimplentasikan desain model Project Based Learning (PjBL). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengimplemetasian desain model Project Based Learning (PjBL) untuk meningatkan kreativitas peserta didik dalam pembelajaran IPS kelas VC MIN 6 Bandar Lampung. Metode penelitian ini mengggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VC MIN 6 Bandar Lampung yang berjumlah 28 orang peserta didik. Instumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas pendidik dan aktivitas peserta didik serta lembar observasi kreativitas peserta didik dan didukung oleh tes hasil belajar peserta didik dengan menggunakan analisis rumus presentase dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dari pengolahan tingkat kreativitas peserta didik pada pra siklus dan siklus I serta II dengan pengimplentasian desain model Project Based Learning (PjBL) diperoleh nilai rata-rata pra siklus skor 53,79% dengan kategori kurang kreatif kemudian meningkat pada siklus I skor 63,61% dengan kategori cukup kreatif dan meningkat pada siklus II iii diperoleh skkor 80,35% dengan kategori sangat kreatif. Jadi dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan kreativitas peserta didik dengan pengimplentasian desain model Project Based Learning (PjBL) dalam pembelajaran IPS kelas V MIN 6 Bandar Lampung. Kata Kunci: Project Based Learning (PjBL), Kreativitas, Ilmu Pengetahuan Sosial.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Apr 2023 06:49
Last Modified: 10 Apr 2023 06:49
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23923

Actions (login required)

View Item View Item