PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN MAKRO DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI DI TK PURNAMA SUKARAME BANDAR LAMPUNG

Nadia, Mada Putri (2023) PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN MAKRO DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI DI TK PURNAMA SUKARAME BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of SKRIPSI_NADIA_MADA_PUTRI_1711070023.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Dalam penelitian ini, penerapan bermain peran makro dalam proses pembelajaran memiliki dampak yang sangat penting terhadap keterampilan sosial dan emosional pada anak usia dini. Hal ini dikarenakan bermain peran makro dapat meningkatkan minat anak terhadap lingkungan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah bermain peran dapat meningkatkan keterampilan sosial dan emosional anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa Kelompok B TK Purnama Sukarame Bandar Lampung yang berjumlah 15 siswa. Subjek penelitian ini adalah kemampuan Sosial Emosional Anak. Teknik perolehan data dilakukan dengan teknik wawancara, dokumentasi, dan observasi. Kesimpulan penelitian yaitu bahwa penerapan bermain peran makro dapat meningkatkan kemampuan sosial emosional pada anak kelompok B TK Purnama Sukarame Bandar Lampung. Hal ini dilihat dari adanya peningkatan disetiap siklus. Pada siklus I dalam kemampuan sosial emosional terdapat 15 peserta didik yang memberikan hasil Belum Berkembang (BB) tidak ada, dan diperoleh 8 anak atau 57,14% dari jumlah anak yang memenuhi kriteria Mulai Berkembang (MB), 7 orang atau 50% dari jumlah anak yang memenuhi kriteria Berkembang Sesuai Harapan (BSH). Pada siklus II terdiri dari 15 peserta didik, 15 anak yang memberikan hasil Belum Berkembang (BB), Mulai Berkembang (MB) tidak ada, Berkembang Sesuai Harapan (BSH) 3 anak yaitu 21,4%, dan Berkembang Sangat Baik (BSB) ada 11 anak yaitu 78,5% . dengan demikian indikator keberhasilan yang ditetapkan yaitu apabila 75% peserta didik di TK Purnama Sukarame Bandar Lampung kemampuan sosial emosional nya berkembang sangat baik dan tercapai. Kata Kunci : Kemampuan Sosial Emosional, Bermain peran iii ABSTRACT In this study, the application of macro role playing in the learning process has a very important impact on social and emotional skills in early childhood. This is because playing macro roles can increase children's interest in the environment. The formulation of the problem in this study is whether role playing can improve social and emotional skills of early childhood. The research method used is Classroom Action Research (CAR). The subjects of this study were all 15 students of Group B Kindergarten Purnama Sukarame Bandar Lampung. The subject of this research is the Children's Social Emotional ability. The technique of data acquisition is done by interview, documentation, and observation. The conclusion of the study is that the application of macro role playing can improve social emotional abilities in group B children at Purnama Sukarame Kindergarten, Bandar Lampung. This can be seen from the increase in each cycle. In the first cycle in social-emotional ability there were 15 students who gave the result of not developing (BB) no, and obtained 8 children or 57.14% of the number of children who met the criteria for Starting to Develop (MB), 7 people or 50% of the total number of students. children who meet the criteria for Developing According to Expectations (BSH). In the second cycle consisting of 15 students, 15 children who gave the results of Not Developing (BB), Starting to Develop (MB) did not exist, Developing according to Expectations (BSH) 3 children, namely 21.4%, and Very Good Developing (BSB) there 11 children is 78.5% . Thus the indicator of success that is determined is if 75% of students in Purnama Kindergarten Sukarame Bandar Lampung have very well developed and achieved social emotional abilities. Keywords: Emotional Social Ability, Role Play

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Apr 2023 06:44
Last Modified: 10 Apr 2023 06:44
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23921

Actions (login required)

View Item View Item