TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK PENAMBAHAN UANG DALAM GADAI KEBUN KOPI (Studi Kasus di Desa Gunung Sari Kecamatan Ulu Belu Kabupaten Tanggamus)

Diah, Ayu Aprilia (2023) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK PENAMBAHAN UANG DALAM GADAI KEBUN KOPI (Studi Kasus di Desa Gunung Sari Kecamatan Ulu Belu Kabupaten Tanggamus). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB1  BAB 2 DIAH.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of Skripsi full diah ayu aprilia.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Gadai merupakan salah satu dari bentuk kegiatan bermuamalah yang sering dilakukan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Gadai ialah menjadikan sebagian harta benda yang dimiliki untuk dijadikan sebagai jaminan utang. Seperti halnya praktik gadai yang dilakukan oleh masyarakat di Desa Gunung Sari Kecamatan Ulu Belu Kabupaten Tanggamus sudah sering dilakukan dengan menjadikan kebun kopi yang mereka miliki untuk dijadikan jaminan guna memperoleh pinjaman utang. Transaksi atau akad gadai yang dilakukan oleh masyarakat Desa Gunung Sari yaitu akad gadai yang dilakukan dengan adanya penambahan uang dalam gadai kebun kopi. Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana praktik penambahan uang dalam gadai kebun kopi di Desa Gunung Sari Kecamatan Ulu Belu Kabupaten Tanggamus? dan bagaimana tinjauan menurut hukum Islam terhadap praktik penambahan uang dalam gadai kebun kopi yang terjadi di Desa Gunung Sari Kecamatan Ulu Belu Kabupaten Tanggamus? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana praktik penambahan uang dalam gadai kebun kopi yang terjadi di Desa Gunung Sari Kecamatan Ulu Belu Kabupaten Tanggamus dan untuk mengetahui bagaimana tinjauan hukum Islam terhdap praktik penambahan uang dalam gadai kebun kopi yang terjadi di Desa Gunung Sari Kecamatan Ulu Belu Kabupaten Tanggamus. Jenis penelitianini ialah penelitian lapangan (field research) yaitu masyarakat Desa Gunung sari Kecamatan Ulu Belu Kabupaten Tanggamus dengan menggunakan metode deskriptif atau analisis. Data yang digunakan ialah data primer, sumber data primer diperoleh dari hasil wawancara dengan pihak responden dan data sekunder diperoleh dengan dokumentasi dan teori-terori dari perpustakaan. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan Berdasarkan hasil penelitian dapat dijelaskan bahwa praktik penambahan uang dalam gadai kebun kopi yang dilakuan masyarakat di Desa Gunung Sari yaitu penambahan uang dalam gadai kebun kopi terjadi ketika akad gadai telah berlangsung dengan perjanjian pengembalian uang gadai juga ada penambahan atau dilebihkan. Adapun praktik penambahan uang dalam gadai kebun kopi ini tidak sesuai dengan Hukum Islam meskipun rukun dan syaratnya sudah terpe nuhi akan tetapi dalam praktik gadai ini terdapat unsur riba dan merugikan sebelah pihak yaitu pihak rahin. Kata Kunci : Hukum Islam, Gadai (rahn), Penambahan Uang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Apr 2023 03:45
Last Modified: 10 Apr 2023 03:45
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23915

Actions (login required)

View Item View Item