EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING UNTUK MENGURANGI PERILAKU BULLYINGPADA PESERTA DIDIK SMA NEGERI 1 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Rini, Maya Puspa (2017) EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING UNTUK MENGURANGI PERILAKU BULLYINGPADA PESERTA DIDIK SMA NEGERI 1 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of skripsi_lengkap_maya_fikss.pdf]
Preview
PDF
Download (14MB) | Preview

Abstract

Didalam perilaku bullying, pelaku dan korban merupakan elemen kunci yang perlu mendapatkan perhatian khusus. Pelaku bullying pada umumnya memiliki ciri khas yaitu: agresivitas yang tinggi dan kurang memiliki rasa empati. Jika peserta didik dibesarkan dalam keluarga yang mentoleransi bullying, maka peserta didik mempelajari bahwa bullying adalah suatu perilaku yang bisa diterima dalam membina suatu hubungan atau dalam mencapai apa yang diinginkannya (image). Sehingga perlu upaya untuk mengurangi perilaku bullying dengan menggunakan layanan konseling kelompok dengan teknik role playing. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perilaku bullying peserta didik dan untuk mengetahui efektifitas penggunaan role playing dalam mengurangi perilaku bullying peserta didik SMA Negeri 1 Bandar Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan desain Non-equivalent Control Group Design. Sampel dalam penelitian berjumlah 34 peserta didikSMA Negeri 1 Bandar Lampung tahun pelajaran 2017/2018 yang melakukan perilaku bullying dalam kategori tinggi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket perilaku bullying, wawancara, observasi dan dokumentasi sebagai teknik pendukung. Hasil perhitungan rata-rata skor perilaku bullying kelompok eksperimen pada saat pre-test adalah sebesar 82,58 dan perolehan post-test setelah mengikuti layanan konseling kelompok role playing menurun menjadi 71,41. Sedangkan pada kelompok kontrol pada saat pre-test adalah 74,94 dan pada saat post-test mendapatkan penurunan menjadi 68,94. Dari hasil uji-T dengan df = 32 dengan taraf signifikan 0,05 sebesar 2,037 , dan diperoleh thitung = 6.453. Karena thitung> ttabel, maka 6.453>2,037 Maka Ho ditolak dan Ha diterima yang berbunyi role playing dapat mengurangi perilaku bullying peserta didik di SMA Negeri 1 Bandar Lampung tahun pelajaran 2017/2018 diterima. Kata Kunci : Konseling Kelompok, Role Playing, Perilaku Bullying.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 22 Nov 2017 03:59
Last Modified: 22 Nov 2017 03:59
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2390

Actions (login required)

View Item View Item