KINERJA GURU DI MAN 2 BANDAR LAMPUNG

MUKHLIS, AR RASYID (2023) KINERJA GURU DI MAN 2 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI MUKHLIS AR RASYID.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Berdasarkan hasil pengamatan di MAN 2 Bandar Lampung kinerja guru dapat dikatakan belum optimal, hal ini terlihat dari guru menjadi kurang mengembangkan kemampuan dalam memberikan materi pelajaran, mereka terbiasa dengan metode ceramah yang membuat siswa-siswi menjadi cepat bosan dan kurang menangkap isi dari materi yang disampaikan. Kelemahan dari kurikulum lama ini yaitu kurang variatifnya dalam metode pelajaran. Kinerja guru akan maksimal apabila guru yang memiliki penguasaan materi yang mendalam, memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik, komitmen dalam tugasnya, mampu memanfaatkan media pembelajaran secara efektif yang akan membantu dalam kelancaran proses pembelajaran. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kinerja guru serta kompetensi guru yang dapat mempengaruhi kinerja guru di MAN 2 Bandar Lampung Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, data yang digunakan merupakan data primer menggunakan wawancara. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan penilaian kinerja merupakan suatu evaluasi terhadap penampilan kerja guru dalam mengajar untuk meningkatkan mutu pembelajaran. Kegiatan penilaian kinerja di MAN 2 Bandar Lampung mengacu kepada dimensi tugas utama guru yang meliputi kegiatan yang merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi dan menilai kinerja guru. Kriteria penilaian kinerja yaitu kepala madrasah melihat dari kemampuan siswa dalam memahami pelajaran dan implementasinya, kedisiplinan siswa dan kerapian siswa serta dilihat berdasarkan kemampuan akademik guru. Penilaian kinerja ini menghasilkan informasi terkait kelengkapan perangkat pembelajaran, kehadiran guru, kedisiplinan guru, cara guru mengajar yang harus diperbaiki serta meningkatkan kinerjanya. Cara Kepala MAN 2 Bandar Lampung dalam meningkatkan kinerja guru yaitu dengan menjalankan fungsinya sebagai motivator dengan memberikan dorongan atau semangat kepada guru untuk berubah ke arah yang lebih baik. Selain itu, seorang guru juga harus memiliki motivasi diri sendiri dengan iii menunjukkan kinerja yang lebih optimal, menunjukkan kedisiplinan, menunjukkan keefektifan dalam bekerja, dan mencari pengalaman�pengalaman agar pengetahuan bertambah dengan tujuan untuk meningkatkan proses belajar dan mengajar. Keberhasilan kepala madrasah dalam melaksanakan kinerja guru dapat dilihat dari adanya perubahan kinerja ke arah yang lebih baik. Adapun perubahan kinerja di MAN 2 Bandar Lampung ialah meningkatnya kedisiplinan guru dalam menjalankan tugasnya, pengetahuan guru menjadi lebih dalam dan berkelanjutan. Kata Kunci : Kinerja, Guru, MAN. iv ABSTRACT Based on observations at MAN 2 Bandar Lampung, teacher performance can be said to be not optimal, this can be seen from teachers being less able to develop their abilities in providing subject matter, they were accustomed to the lecture method which makes students bored quickly and does not catch the content of the material presented. The weakness of this old curriculum was the lack of variety in teaching methods. Teacher performance will be maximized if teachers who have in-depth mastery of the material, have good communication skills, were committed to their duties, were able to utilize learning media effectively which will help in the smooth learning process. The purpose of the study was to determine teacher performance and teacher competence that could affect teacher performance at MAN 2 Bandar Lampung. This study used a qualitative approach; the data used were primary data using interviews. The data analysis method used was qualitative analysis. Based on the results of the study it can be concluded that performance appraisal is an evaluation of the work performance of teachers in teaching to improve the quality of learning. Performance appraisal activities at MAN 2 Bandar Lampung refer to the dimensions of the teacher's main tasks which include activities that plan, implement, evaluate and assess teacher performance. The performance evaluation criteria are that the head of the madrasa looks at the ability of students to understand lessons and their implementation, student discipline and student neatness and is seen based on the teacher's academic abilities. This performance assessment produces information related to the completeness of learning tools, teacher presence, teacher discipline, teacher teaching methods that must be improved and improve performance. The method of the Head of MAN 2 Bandar Lampung in improving teacher performance is by carrying out its function as a motivator by giving encouragement or enthusiasm to teachers to change in a better direction. In addition, a teacher must also be self-motivated by showing more optimal performance, showing discipline, v demonstrating effectiveness at work, and seeking experiences so that knowledge increases with the aim of improving the learning and teaching process. The success of the madrasa head in carrying out teacher performance can be seen from the change in performance for the better. The changes in performance at MAN 2 Bandar Lampung are increasing teacher discipline in carrying out their duties, teacher knowledge becomes deeper and more sustainable. Keywords: Performance, Teacher, MAN

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Apr 2023 07:06
Last Modified: 06 Apr 2023 07:06
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23894

Actions (login required)

View Item View Item