PERAN GURU DALAM MENANAMKAN SIKAP SOSIAL PESERTA DIDIK KELAS V DI MIN 11 BANDAR LAMPUNG

GABELLA, AGIS SABRINA (2023) PERAN GURU DALAM MENANAMKAN SIKAP SOSIAL PESERTA DIDIK KELAS V DI MIN 11 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Pendidikan merupakan suatu bentuk usaha yang dilakukan berdasarkan rencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agra peserta didik aktif dalam mengembangkan potensi dirinya demi memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia serta keterampilan yang diperlukan oleh dirinya, masyarakat bangsa dan negara. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru dalam menanamkan sikap sosial peserta didik kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 11 Bandar Lampung. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada pendidik selaku guru kelas V dan peserta didik kelas V. Observasi dilakukan untuk memperoleh informasi mengenai peran guru terhadap sikap sosial peserta didik. Dokumentasi dilakukan untuk mendapatkan informasi yang berkaitan dengan dokumen penelitian. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan terlihat bahwa peran guru dalam mengajar mendapat skor 14 dan peran guru dalam membimbing mendapat skro 19. Sehingga total skor yang diperoleh adalah 33 dengan besar persentase 94% kriteria sangat baik. Adapun hasil wawancara yang dilakukan adalah penyampaian materi dalam pembelajaran sudah sesuai dengan kompetensi dasar yang ingin dicapai. Selain menyampaikan materi guru juga menerapkan sikap sosial agar terciptanya rasa empati dan simpati serta memberikan apresiasi kepada peserta didik. Berdasarkan hasil observasi, wawancara dan dokumentasi yang dilakukan terlihat bahwa guru sangat berpengaruh terhadap sikap sosial peserta didik semakin baik sikap sosial guru maka akan baik pula sikap sosial peserta didik. Peran guru terhadap sikap sosial peserta didik dilihat menggunakan 2 indikator yaitu peran guru dalam mengajar dan peran guru dalam membimbing. Sedangkan penanaman sikap sosial peserta didik dilihat dari hasil pengamatan peniliti dengan 5 indikator yaitu, percaya diri,disiplin, tanggung jawab, toleransi, dan kejujuran dengan masing-masing memuat sub indikator didalamnya. Kata Kunci: Peran Guru, Sikap Sosial, Peserta didik

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Apr 2023 06:51
Last Modified: 06 Apr 2023 06:54
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23892

Actions (login required)

View Item View Item