PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN EFIKASI DIRI PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 24 BANDAR LAMPUNG

SYAFIRO, NABILLA (2023) PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN EFIKASI DIRI PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 24 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI PERPUSTAKAAN.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berjudul Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Meningkatkan Efikasi Diri Peserta Didik di SMP Negeri 24 Bandar Lampung. Keyakinan remaja dalam mampu atau tidak mampu disebut dengan efikasi diri. Peserta didik yang tidak mampu akan keahlian mereka (self-efficacy rendah) akan menjauhi tugas-tugas sulit karena tugas tersebut dianggap sebagai ancaman. Peserta didik yang seperti ini memiliki aspirasi yang rendah dalam mencapai tujuan yang mereka pilih. Ketika menghadapi tugas-tugas sulit, mereka sibuk memikirkan kekurangan-kekurangan diri mereka, gangguan-gangguan yang mereka hadapi serta semua hasil yang dapat merugikan dirinya. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Penelitian ini bersifat deskriptif. Data dianalisis dengan teknik analisis data, data reduction, dan verifikasi atau penyimpulan data. Dalam memenuhi keabsahan data penelitian ini, penulis menggunakan triangulasi sumber. Diantaranya wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, dapat disimpulkan bahwa di SMP Negeri 24 Bandar Lampung pemberian layanan konseling individu sudah efektif dan sudah dapat membantu dalam meningkatkan efikasi diri peserta didik, namun masih banyak kekurangan yang tidak signifikan. Siswa yang sudah melakukan konseling individu perlahan berubah sehingga tidak mengalami efikasi diri yang rendah seperti tidak yakin dengan dirinya sendiri dalam mengerjakan tugas dari guru, kurang yakin akan keberhasilan dalam menghadapi ujian, kurang bergaul dengan sesama teman disekolah, kurang yakin terhadap kemampuan dirinya dalam belajar, dan bingung dalam memahami penjelasan yang disampaikan oleh guru. Namun setelah dilaksanakan program layanan konseling individu terlihat bahwa terdapat perubahan perilaku searah yang lebih baik setelah mendapatkan layanan. Peserta didik melakukan perbaikan kearah yang lebih baik. Kata Kunci : Efikasi diri, Layanan Konseling Individu iii ABSTRAK This research is entitled The Role of Guidance and Counseling Teachers in Improving Student Self-Efficacy at SMP Negeri 24 Bandar Lampung. Adolescents' belief in being able or not capable is called self-efficacy. Students who are incapable of their expertise (low self-efficacy) will stay away from difficult tasks because these tasks are perceived as a threat. Students like this have low aspirations in achieving the goals they choose. When faced with difficult tasks, they are busy thinking about their own shortcomings, the obstacles they face and all the results that can be detrimental to them. The approach in this study uses qualitative methods. This research is descriptive in nature. Data were analyzed using data analysis techniques, data reduction, and data verification or inference. In fulfilling the validity of this research data, the authors use source triangulation. Among them are interviews, observation, and documentation. Based on the results of the research that has been carried out, it can be concluded that at SMP Negeri 24 Bandar Lampung the provision of individual counseling services has been effective and has been able to assist in increasing students' self�efficacy, but there are still many insignificant deficiencies. Students who have done individual counseling are slowly changing so they don't experience low self-efficacy such as not being sure of themselves in doing assignments from the teacher, less sure of success in facing exams, less socializing with friends at school, less confident in their abilities in learning, and confused in understanding the explanation conveyed by the teacher. However, after the individual counseling service program was implemented, it was seen that there was a unidirectional change in behavior that was better after getting the service. Students make improvements to a better direction. Keywords: Self-efficacy, Individual Counseling Services

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Apr 2023 06:29
Last Modified: 06 Apr 2023 06:29
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23891

Actions (login required)

View Item View Item