ANALISIS KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN AKHLAQ PESERTA DIDIK DI SMAN 01 ANAK RATU AJI LAMPUNG TENGAH

YASRI, ERIANA (2023) ANALISIS KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN AKHLAQ PESERTA DIDIK DI SMAN 01 ANAK RATU AJI LAMPUNG TENGAH. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of TESIS YASRI ERIANA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Kompetensi kepribadian guru adalah perilaku seorang guru yang berkaitan dengan kemampuan individu dalam mewujudkan dirinya sebagai pribadi yang memiliki nilai-nilai luhur mencakup kepribadian yang: beriman dan bertakwa, brakhlak mulia, arif dan bijaksana, demokratis, mantap, berwibawa, stabil, dewasa, jujur, sportif, dan menjadi teladan. Oleh karena itu salah satu tanggung jawab guru adalah membentuk akhlak anak didik sepanjang kegiatan belajarnnya di sekolah. Adapun tujuan peneltiian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisa kompetensi kepribadian dan langkah�langkah guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan akhlak di SMAN 01 Anak Ratu Aji Lampung Tengah. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data yaitu dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data terdiri dari tiga alur kegiatan yaitu Reduksi Data, Penyajian Data, dan Penarikan kesimpulan. Kompetensi Kepribadian Guru PAI di SMAN 01 Anak Ratu Aji Lampung Tengah adalah a) Berakhlak Mulia, yaitu guru berbicara dengan sopan dan perilaku sehari-hari mereka sesuai dengan norma agama, b) Mantap, Stabil dan Dewasa; yaitu guru melakukan tugas secara bertanggung jawab dan etis sebagai pendidik, c) Arif dan Bijaksana; yaitu guru bersikap terbuka terhadap kritik dan saran dari orang lain dan relatif realistis dan tidak ada perbedaan, d) Menjadi Teladan, yaitu perilaku guru sehari-hari harus menjadi contoh bagi siswa guna meningkatkan kapasitas kepribadian guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan akhlak di antaranya adalah, Pengorganisasian Materi yang Baik, Komunikasi yang Efektif, Penguasaan dan Antusiasme Terhadap Materi Pelajaran, Sikap positif terhadap siswa, Pemberian nilai yang adil, Keluwesan dalam pendekatan pembelajaran, dan Hasil belajar siswa yang baik. Sedangkan Langkah-Langkah yang dilakukan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Akhlak Siswa Di SMAN 01 Anak Ratu Aji Lampung Tengah adalah dengan, a) Pembiasaan Menyampaikan Salam, b) Pembiasaan Berdo‟a Sebelum dan Sesudah dalam setiap aktifitas, c) Pembiasaan memohon maaf dan memaafkan, d) Pembiasaan melafazkan bacaan Asmaul Husna, e) Pembiasaan mendirikan sholat Dhuha Berjamaah, f) Pembiasaan mendirikan sholat iii Zhuhur Berjamaah, g) Pembiasaan Infaq dan sedekah, h) Pembiasaan memelihara Kebersihan, i) Hafalan surat/doa pendek dan, j) Memperingati dan mengisi kegiatan Hari-Hari Besar Keagamaan. Kata Kunci : Kompetensi, Kepribadian Guru, Pendidikan Agama Islam, Akhlak Siswa iv ABSTRACT Teacher personality competence is the behavior of a teacher related to the individual's ability to manifest himself as a person who has noble values including a personality that is: faithful and pious, noble, wise and prudent, democratic, stable, authoritative, stable, mature, honest, sporty and exemplary. Therefore, one of the teacher's responsibilities is to shape the morals of students throughout their learning activities at school. The purpose of this research is to find out and analyze the personality competencies and steps of Islamic Religious Education teachers in improving morals at SMAN 01 Anak Ratu Aji Central Lampung. The type of research used isqualitative descriptive, data sources used are primary data and secondary data. Data collection methods are by observation, interviews and documentation. The data analysis method consists of three activity streams, namely Data Reduction, Data Presentation, and Conclusion Drawing. The Personality Competences of PAI Teachers at SMAN 01 Ratu Aji's Children in Central Lampung are a) Noble, namely teachers speak politely and their daily behavior is in accordance with religious norms, b) Steady, Stable and Mature; namely the teacher performs duties responsibly and ethically as an educator, c) Wise and Wise; i.e. the teacher is open to criticism and suggestions from other people and is relatively realistic and there is no difference, d) Being a role model, namely the teacher's daily behavior must be an example for students to increase the personality capacity of Islamic religious education teachers in improving morals including, Good Organizing of Materials, Effective Communication, Mastery and Enthusiasm of Study Materials, Positive attitude towards students, Giving fair grades, Flexibility in learning approach, and Good student learning outcomes. Whereas the steps taken by Islamic Religious Education Teachers in Improving Student Morals at SMAN 01 Anak Ratu Aji Central Lampung are by, a) the habit of conveying greetings, b) the habit of praying before and after each activity, c) the habit of apologizing and forgive, d) Habit of reciting Asmaul Husna reading, e) Habit of establishing Dhuha prayer in congregation, f) Habit of establishing Congregational Zhuhur prayer, g) Habit of Infaq and alms, h) Habit of maintaining Cleanliness, i) Memorizing short letters/prayers and, j) Commemorating and filling in the activities of Religious Holidays. Keywords : Competence, Teacher Personality, Islamic Religious Education, Student Morals

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Apr 2023 04:41
Last Modified: 06 Apr 2023 06:11
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23889

Actions (login required)

View Item View Item