TINJAUAN FIQIH SIYASAH TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Studi di Puskesmas Kotabumi 1 Kabupaten Lampung Utara)

EKA, LESTARI (2023) TINJAUAN FIQIH SIYASAH TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Studi di Puskesmas Kotabumi 1 Kabupaten Lampung Utara). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL EKA LESTARI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2019 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) peraturan yang membahas pelayanan dengan menyelenggarakan upaya kesehatan masyarakat dan upaya kesehatan perseorangan tingkat pertama dengan lebih mengutamakan upaya promotif (peningkatan kesehatan) dan preventif (upaya pencegahan) untuk mencapai derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya. Pandemi covid�19 pada saat ini menjadi perhatian dari semua pihak, dan dilakukan berbagai upaya agar bisa memutuskan mata rantai covid-19. Termasuk pelayanan kesehatan juga menjadi perhatian khusus untuk para pelayanan kesehatan yang selalu berhadapan langsung dengan pasien. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pelayanan kesehatan pada masa pandemi covid-19 di puskesmas kotabumi I dan bagaimana tinjauan fiqh siyasah terhadap pelayanan kesehatan di masa pandemic covid-19. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelayanan kesehatan di puskesmas kotabumi I pada masa pandemic covid-19 Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research) yang dilakukan di Puskesmas Kotabumi I Kabupaten Lampung Utara. Untuk mendapatkan data yang valid, maka sumber data dalam penelitian ini ada dua yaitu, sumber data primer dan sumber data sekunder. Setelah data terkumpul maka dilakukan analisis data, menggunakan metode kualitatif .yang berkaitan dengan Tinjauan fiqih siyasah terhadap Pelayanan Kesehatan di Masa Covid-19. Data dalam penelitian ini bersumber dari data primer yang berasal dari hasil wawancara dengan petugas puskesmas Kotabumi I serta data sekunder yang bersumber dari data yang telah disusun sebelumnya oleh pihak lain, seperti jurnal, artikel, data administrasi, dan lain-lain. Hasil penelitian ini pelayanan kesehatan pada masa pandemi covid-19 sudah sesuai dengan peraturan yang ada, terdapat perubahan pada alur pelayanan selama masa pandemic Covid-19 dimana harus melalui proses traise/skrining. Traise/skrining diterapkan di puskesmas Kotabumi I yaitu, diwajibkannya mencuci tangan, pemeriksaan suhu tubuh, menggunakan masker, ditanya keluhan dan gejala, serta physical distancing (menjaga jarak). Terdapat juga jumlah pasien/pengunjung yang datang ke puskesmas kotabumi I mengalami penurunan. Pelayanan kesehatan di puskesmas juga sudai sesuai dengan peraturan yang ada. Tinjauan fiqh siyasah tanfidziyah terhadap pelayanan kesehatan pada masa pandemi covid-19 di Puskesmas Kotabumi I . Sebagai salah satu aspek hukum islam yang membicarakan dan pengurusan kehidupan manusia dalam bernegara demi mencapai kemashlahatan bersama bagi manusia. Dalam praktinya sudah sesuai dengan fiqh siyasah yaitu terlaksananya peraturan yang ada walaupun terdapat beberapa kendala yang menyebabkan pelaksanaan kurang maksimal

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Apr 2023 03:20
Last Modified: 06 Apr 2023 03:20
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23887

Actions (login required)

View Item View Item