TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP JUAL BELI BUAH KELAPA SAWIT YANG POHONNYA DITANAM TANPA IZIN DI HUTAN KAWASAN (Studi Di Register 17 Batu Serampok Desa Suban Lampung Selatan)

LILIS, IBTIHAJUN NISA (2023) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP JUAL BELI BUAH KELAPA SAWIT YANG POHONNYA DITANAM TANPA IZIN DI HUTAN KAWASAN (Studi Di Register 17 Batu Serampok Desa Suban Lampung Selatan). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1 5 dapus.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI LILIS IBTIHAJUN NISA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Jual beli adalah suatu perjanjian tukar menukar barang atau barang dengan uang dengan jalan melepaskan hak milik dari yang satu kepada yang lain atas dasar saling merelakan sesuai dengan ketentuan yang dibenarkan syara’, jual beli menjadi unsur penting dalam hukum Islam karena jual beli pada dasarnya merupakan salah satu pengamalan tujuan-tujuan syariat yang secara khusus yaitu upaya mempertahankan kehidupan manusia dan bisa juga dalam rangka mendapat kemaslahatan ekonomi. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana Praktik Jual Beli Hasil Kelapa Sawit yang pohonnya ditanam tanpa izin di hutan kawasan Hutan Register dan bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap jual beli buah kelapa sawit yang pohonnya ditanam tanpa izin di hutan Kawasan Register 17 Batu Serampok Lampung Selatan?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Praktik Jual Beli Hasil Kelapa Sawit yang pohonnya ditanam tanpa izin di hutan kawasan Hutan Register 17.untuk mengetahui tinjauan hukum Islam terhadap jual beli buah kelapa sawit yang pohonnya ditanam tanpa izin di hutan Kawasan Register 17 Batu Serampok Lampung Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif untuk memaparkan dan menggambarkan keadaan serta fenomena yang berlaku saat ini dengan mendeskripsikan, mencatat, menganalisa, dan menginterprestasikan praktik akad reseller online dengan sistem upah setoran pakai uang rseseller. Metode yang dipakai dalam teknik pengumpulan data adalah menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi.Pengolahan datanya dilakukan dengan sistematisasi dan teknik editing data. Hasil dari penelitian ini adalah Praktik Terhadap Jual Beli Buah Kelapa Sawit Di Hutan Kawasan Register 17 Batu Serampok Desa Suban Lampung Selatan adalah hasil perkebunan kelapa sawit dari kawasan hutan lindung yang bersifat ilegal dikarenakan melanggar atau bertentangan dengan hukum yang berlaku. Bisnis jual beli kelapa sawit hasil perkebunan dari kawasan hutan lindung perlu perhatian serius yang seharusnya masyarakat mengikuti aturan yang berlaku untuk menggunakan lahan hutan lindung dengan Izin Usaha Pemanfaatan Hutan Kemasyarakatan (IUPHkm). Berdasarkan tinjauan hukum Islam praktik jual beli kelapa sawit dari hasil perkebunan di kawasan hutan lindung register 17 batu serampok Lampung Selatan dilarang dikarenakan masuk kedalam kategori jual beli fudhul dimana objeknya tidak memenuhi syarat dalam jual beli yaitu barang yang diperjualbelikan harus dimiliki secara penuh dan orang yang berkuasa untuk menyerahkan barang serta penjual tidak menaati ulil amri. Kata Kunci: Hukum Ekonomi Syari’ah dan Jual Beli

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 Apr 2023 07:47
Last Modified: 05 Apr 2023 07:47
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23885

Actions (login required)

View Item View Item