IMPLEMENTASI AZAS KERAHASIAAN OLEH GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM UPAYA MENARIK MINAT PESERTA DIDIK MENGIKUTI LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI UPT SMP N 4 BANDAR LAMPUNG

ARTI, EFA MARIFAH (2023) IMPLEMENTASI AZAS KERAHASIAAN OLEH GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM UPAYA MENARIK MINAT PESERTA DIDIK MENGIKUTI LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI UPT SMP N 4 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1 5 dapus.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI ARTI EFA MARIFAH BKPI 1811080383.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fenomena masih rendahnya minat peserta didik untuk mengikuti layanan bimbingan dan konseling di sekolah. Minat peserta didik dalam mengikuti layanan bimbingan dan konseling merupakan permasalahan yang umum terjadi di sekolah. Hal ini dapat dilihat dari peserta didik jarang datang ke ruang BK, peserta didik tidak tertarik meminta bantuan pada guru bimbingan dan konseling karena anggapan peserta didik bahwa guru bimbingan dan konseling adalah polisi sekolah, kurangnya minat peserta didik untuk mengunjungi ruangan BK, peserta didik tidak datang berdasarkan keinginan sendiri, peserta didik beranggapan guru bimbingan dan konseling kurang dapat menjaga kerahasiaannya, serta kurangnya sosialisasi atau pengenalan bimbingan dan konseling oleh guru guru bimbingan dan konseling. Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan azas kerahasiaan oleh guru bimbingan dan konseling dalam upaya menarik minat peserta didik mengikuti layanan bimbingan dan konseling. Dalam penelitian ini, pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan desain penelitian yakni kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah guru bimbingan dan konseling serta 3 peserta didik kelas VIII yang telah direkomendasikan oleh guru bimbingan dan konseling. Teknik pengambilan sample yang digunakan yaitu purposive sampling. Dalam teknik menganalisis data, penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yang dilakukan dengan tiga cara yaitu reduksi data, penyajian data dan mengambil kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian ini, implementasi azas kerahasiaan oleh guru bimbingan dan konseling dalam upaya menarik minat peserta didik mengikuti layanan bimbingan dan konseling di UPT SMP N 4 Bandar Lampung menghasilkan yakni : 1) menarik minat serta adanya peningkatan minat peserta didik untuk mengikuti layanan iv bimbingan dan konseling; 2) guru bimbingan dan konseling sudah melakukan tahap perencanaan dan langkah-langkah proses pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling dalam menerapkan azas kerahasiaan dengan sesuai, seperti guru bimbingan dan konseling memberikan layanan yang sesuai dengan permasalahan secara menyenangkan dan melakukan kesepakatan bersama; 3) pada evaluasi hasil adanya perubahan perilaku positif yang ditunjukkan oleh peserta didik yang sudah mengikuti layanan bimbingan dan konseling, dilihat dari meningkatnya gambaran minat peserta didik mengikuti layanan bimbingan dan konseling. Dengan demikian, kesimpulannya bahwa dengan sudah terlaksananya penerapan azas kerahasiaan oleh guru bimbingan dan konseling, dapat menarik minat serta meningkatkan minat peserta didik untuk mengikuti layanan bimbingan dan konseling. Kata Kunci : Azas Kerahasiaan, Minat Peserta Didik, Layanan Bimbingan dan Konseling v ABSTRACT This research was motivated by the phenomenon of the low interest of students to take part in guidance and counseling services at school. Students' interest in participating in guidance and counseling services was a common problem in schools. This could be seen from the students who rarely come to the counseling room, students who were not interested in asking for help from the guidance and counseling teacher because of the students' assumption that the guidance and counseling teacher was the school police, the lack of interest of students to visited the guidance and counseling room, students did not come based on their own desires, students thought that guidance and counseling teachers were less able to maintain confidentiality, and lack of socialization or introduction of guidance and counseling by guidance and counseling teachers. The purpose of this research was to find out the application of the principle of secrecy by guidance and counseling teachers to students' interest in participating in guidance and counseling services. In this study the research approach used was qualitative with a research design that was descriptive qualitative. Data collection techniques used in the form of interviews, observation and documentation. The subjects of this study were guidance and counseling teachers and 3 participants class VIII students who has been recommended by the guidance and counseling teacher. The sampling technique used was purposive sampling. In the technique of analyzing data, the writer uses a qualitative descriptive analysis technique, which was done in three ways, namely data reduction, data presentation and drawing conclusions. The technique of checking the validity of the data in this study uses a triangulation technique. Based on the results of this study, the implementation of the principle of secrecy by guidance and counseling teachers in an effort to attract students' interest in participating in guidance and counseling services at UPT SMP N 4 in Bandar Lampung resulted in: 1) attracting interest and an increase in students' interest in participating in guidance and counseling services ; 2) the guidance vi and counseling teacher has carried out the planning stages and the steps in the process of implementing guidance and counseling services in applying the principle of confidentiality in an appropriate manner, such as the guidance and counseling teacher providing services that were appropriated to the problem in a pleasant manner and making a mutual agreement; 3) on the evaluation of the results of positive behavior changes shown by students who had attended guidance and counseling services, seen from the increasing description of students' interest in participating in guidance and counseling services. Thus, the conclusion was that with the implementation of the principle of confidentiality by guidance and counseling teachers, it could attracted interest and increase students' interest in participating in guidance and counseling services. Keywords: Confidentiality Principle, Student Interests, Guidance and Counseling Services

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 Apr 2023 03:58
Last Modified: 05 Apr 2023 03:58
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23879

Actions (login required)

View Item View Item