PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KARIR DENGAN TEKNIK MODELING TERHADAP KEMAMPUAN PERENCANAAN KARIR PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 34 BANDAR LAMPUNG

KURNIASIH, Sudarman (2023) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KARIR DENGAN TEKNIK MODELING TERHADAP KEMAMPUAN PERENCANAAN KARIR PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 34 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1 5 dapus.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI KURNIASIH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KARIR DENGAN TEKNIK MODELING TERHADAP KEMAMPUAN PERENCANAAN KARIR PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 34 BANDAR LAMPUNG Oleh Kurniasih Bimbingan karir merupakan proses bantuan yang diberikan dengan tujuan untuk membantu individu agar dapat memperoleh pemahaman yang baik tentang dunia pendidikan ataupun dunia karir, sehingga individu diharapkan mampu bertanggung jawab dapat mengambil keputusan secara tepat atas keputusan yang diambinya sehingga individu mampu mewujudkan dirinya secara bermakna. Akan tetapi kenyataan yang terjadi di SMP Negeri 34 Bandar Lampung terdapat peserta didik kelas VIII yang memiliki kemampuan perencanaan karir rendah. Oleh karena itu penulis mencoba memberikan layanan bimbingan karir dengan teknik modeling kepada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 34 Bandar Lampung, agar peserta didik dapat memiliki kemampuan yang baik dalam merencanakan karirnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kemampuan perencanaan karir peserta didik dan untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan karir dengan teknik modeling terhadap kemampuan perencanaan karir peserta didik kelas VIII SMP Negeri 34 Bandar Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain One Group Pretest�Posttest Design. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 10 peserta didik kelas VIII SMP Negeri 34 Bandar Lampung yang memiliki kemampuan perencanaan karir dalam kategori rendah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan soal hots iv tentang perencanaan karir, observasi, wawancara dan dokumentasi sebagai teknik pendukung. Hasil perhitungan penelitian ini menunjukan hipotesis Ha diterima dengan nilai sign (2-tailed) sebesar 0,005 dimana nilai tersebut lebih kecil dari pada 0,05 dimana secara menyeluruh penelitian kemampuan perencanaan karir peserta didik kelas VIII SMP Negeri 34 Bandar Lampung dapat ditingkatkan dengan melihat data perbandingan antara nilai Z hitung yaitu -2,814 dan nilai Z tabel sebesar 1,96 mengalami peningkatan setelah diberikan layanan bimbingan karir dengan teknik modeling. Kata Kunci : Bimbingan Karir, Teknik Modeling, Perencanaan Karir.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 Apr 2023 03:43
Last Modified: 05 Apr 2023 03:43
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23876

Actions (login required)

View Item View Item