TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARI’AH TERHADAP DENDA PEMBAYARAN MACET DALAM JUALBELI TANAH SISTEM KREDIT (Studi di Desa Argomulyo Kecamatan Banjit Kabupaten Way Kanan)

CAHYA, SURYA PRAWIRA (2023) TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARI’AH TERHADAP DENDA PEMBAYARAN MACET DALAM JUALBELI TANAH SISTEM KREDIT (Studi di Desa Argomulyo Kecamatan Banjit Kabupaten Way Kanan). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI CAHYA SURYA PRAWIRA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK Muamalah adalah salah satu bagian dari hukum Islam yang mengatur beberapa hal yang berhubungan dengan tata cara hidup manusia dalam kehidupan sehari-hari, seperti jual beli. Tidak sedikit masyarakat yang melakukan jual beli secara kredit, sebab jual beli secara kredit dapat mempermudah seseorang dalam memenuhi kebutuhan hidupnya, seperti yang terjadi desa Argomulyo, awalnya jual beli yang terjadi sesuai dengan perjanjian namun seiring berjalannya waktu pihak pembeli tidak memenuhi isi perjanjian sehingga pihak penjual memberikan denda berupa beras yang harus dibayarkan setiap kali panen tanpa mengurangi hutang pokok sehingga dapat memberatkan salah satu pihak yaitu pihak pembeli. Adapun rumusan masalah dalam penelitin ini adalah 1) Bagaimana praktik denda pembayaran macet dalam jual beli tanah sistem kredit di Desa Argomulyo ? 2) Bagaimana tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap denda pembayaran macet dalam jual beli tanah sistem kredit di Desa Argomulyo? adapaun tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui praktek denda pembayaran macet dalam jual beli tanah sistem kredit di Desa Argomulyo dan Untuk mengetahui tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap denda pembayaran macet dalam jual beli tanah sistem kredit di Desa Argomulyo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Karena penelitian kualitatif adalah penelitian tentang riset yang bersifat deskriptif dan cendrung menggunakan analisis, serta proses dan makna lebih ditonjolkan dalam penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dan penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Hasil penelitian dari penelitian ini adalah Praktik pemberlakuan denda terhadap pembayaran macet dalam jual beli tanah sistem kredit di Desa Argomulyo Kecamatan Banjit Kabupaten Way Kanan ialah diakibatkan karena pihak pembeli tidak dapat melunasi harga tanah yang dibeli secara kredit sampai batas waktu yang telah ditentukan sehingga pihak penjual memberlakukan denda terhadap pihak pembeli dengan meminta beras sebesar 3 kwintal setiap kali panen tanpa mengurangi hutang pokok, dan hal ini sangat memberatkan pihak pembeli. Sedangkan tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap denda pembayaran macet dalam jual beli tanah iii sistem kredit di Desa Argomulyo Kecamatan Banjit Kabupaten Way Kanan tidak sesuai dengan hukum Islam karena denda yang diberlakukan oleh pihak penjual disebabkan oleh adanya hutang piutang dari pembelian tanah secara kredit dan pihak pembeli benar�benar belum mampu membayarnya bukan karena menunda-nunda pembayaran hutangnya. Adapun orang yang terlambat membayar karena tidak mampu dan kondisi yang tidak memungkinkan, maka ia tidak denda. Sebagaimana dalam firman Allah SWT dalam QS. Al-Baqarah ayat 280. Namun dalam melakukan jual beli secara kredit yang dilakukan tealah sesuai dengan rukun dan syarat jual beli.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Apr 2023 07:26
Last Modified: 04 Apr 2023 07:26
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23864

Actions (login required)

View Item View Item