LAYANAN KONSELING TEMAN SEBAYA DALAM MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL PESERTA DIDIK KELAS VIII MTS NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG

RANTIKA, SANI (2023) LAYANAN KONSELING TEMAN SEBAYA DALAM MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL PESERTA DIDIK KELAS VIII MTS NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI RANTIKA SANI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Interaksi sosial adalah hubungan antara orang-orang secara individual, antar kelompok dengan kelompok, dan orang perorangan dengan kelompok yang saling mempengaruhi satu sama lain. Namun kenyataan yang terjadi di MTs Negeri 2 Bandar Lampung masih terdapat peserta didik kelas VIII yang memiliki interaksi sosial rendah. Sehingga perlu upaya untuk meningkatkan interaksi sosial antar peserta didik dengan menggunakan layanan konseling teman sebaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui layanan konseling teman sebaya dalam meningkatkan interaksi osial peserta didik di MTs Negeri 2 Bandar Lampung. Metode Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, dengan jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan (field research), dimana peneliti mendeskripsikan fenomena apa saja yang ditemui di lapangan. Adapun prosedur pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan juga berupa dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah..,, subjek penelitian ini adalah BN, FNH, AWE yang mempunyai masalah interaksi sosial. Kemudian tempat penelitian ini adalah di MTs Negeri 2 Bandar Lampung. Berdasarkan hasil analisis, menunjukkan bahwasanya terdapat peningkatan interaksi sosial peserta didik kelas VIII D di MTs Negeri 2 Bandar Lampung dari sebelum dilakukannya layanan konseling sebaya dengan sesudah dilakukannya layanan konseling teman sebaya. Hasil analisis data penelitian didapatkan bahwasanya hasil maka dengan demikian nampak adanya peningkatan interaksi sosial peserta didik yang semula berada dalam kategori rendah menjadi tinggi setelah diberikannya layanan konseling teman sebaya ditandai dengan peserta didik menunjukkan keberaniannya dalam mengemukakan pendapat didepan orang lain, dengan guru mata pelajaran dan juga teman-teman dikelas dengan penuh ketegasan dan kemampuannya. Yang sebelumnya didapatkan bahwasanya cenderung bersifat pasif di kelas. Keterampilan sosial peserta didik mengalami perkembangan dalam proses inetraksi dengan individu lainnya, sudah mampu bergaul dengan teman dan menghilangkan perasaan minder di dalam diri. Kata kunci : konseling sebaya, interaksi social iii ABSTRACT Social interaction is the relationship between people individually, between groups and groups, and between individuals and groups that influence one another. But the reality is that at MTs Negeri 2 Bandar Lampung there are still students in class VIII who have low social interaction. So that efforts are needed to increase social interaction between students by using peer counseling services. The purpose of this study was to determine peer counseling services in increasing the social interaction of students at MTs Negeri 2 Bandar Lampung. This research method uses a type of qualitative research, with this type of research being field research, where the researcher describes what phenomena are encountered in the field. The data collection procedures using observation, interviews and also in the form of documentation. The population in this study is the subjects of this study are BN, FNH, AWE who have social interaction problems. Then the place of this research is at MTs Negeri 2 Bandar Lampung. Based on the results of the analysis, it shows that there is an increase in the social interaction of class VIII D students at MTs Negeri 2 Bandar Lampung from before the peer counseling service was carried out to after the peer counseling service was carried out. The results of the research data analysis found that the results thus appear to be an increase in the social interaction of students who were originally in the low category to be high after being given peer counseling services marked by students showing their courage in expressing opinions in front of other people, with subject teachers and also friends in class with full firmness and ability. What was previously found tended to be passive in class. Students' social skills experience development in the process of interaction with other individuals, are able to get along with friends and eliminate feelings of inferiority within. Keywords: peer counseling, social interaction

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Apr 2023 06:53
Last Modified: 04 Apr 2023 06:53
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23859

Actions (login required)

View Item View Item