PENINGKATAN KETERAMPILAN SOSIAL MELALUI METODE BERMAIN KOOPERATIF DI TK DHARMA WANITA KOTA AGUNG

ERLIYANTI, ZUHARNO (2023) PENINGKATAN KETERAMPILAN SOSIAL MELALUI METODE BERMAIN KOOPERATIF DI TK DHARMA WANITA KOTA AGUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI KECIL ERLIYANTI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mengetahui metode bermain kooperatif dapat meningkatkan keterampilan sosial melalui di TK Dharma Wanita Kota Agung. Keterampilan sosial anak dapat diukur dari aspek pengaruh, komunikasi, kerja sama dan empati. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (Action Research Classroom). Subjek pada penelitian ini merupakan kelas B yang terdiri dari dua kelompok yakni kelompok Ungu dan Pink di TK Dharma Wanita Kota Agung yang berjumlah 20 orang. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri atas rangkaian empat kegiatan yaitu kegiatan utama yang ada pada setiap siklus, yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan (3) observasi, (4) refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu, reduksi data, penyajian data, verifikasi atau penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa melalui bermain kooperatif dapat meningkatkan keterampilan sosial anak di TK Dharma Wanita Kota Agung. Pada siklus I anak berkembang dengan sangat baik sebesar 30% atau sebanyak 6 anak, anak berkembang dengan baik 50% atau sebanyak 10 anak, dan anak yang cukup berkembang 20% atau sebanyak 4 anak sedangkan pada Siklus II anak berkembang sangat baik sebesar 70% atau sebanyak 14 anak dan anak yang berkembang baik sebesar 30% atau sebanyak 6 anak. Hal ini dapat dilihat dari penelitian yang menunjukkan bahwa perkembangan keterampilan sosial anak yang mengalami peningkatan dari Siklus I ke Siklus II dari anak-anak yang belum mampu melakukan interaksi antar teman dan banyaknya anak anak yang masih bingung dengan permainan yang di mainkan hingga mampu melakukan interaksi lebih baik dan sangat aktif sehingga ana-anak dapat mengikuti permainan dengan baik. Maka dapat disimpulkan bahwasanya metode kooperatif mampu meningkatkan keterampilan sosial anak. Kata Kunci: Metode Kooperatif, Keterampilan Sosial iii ABSTRACT This study aims to determine the Cooperative Play Method to be able to improve Social Skills Through TK Dharma Wanita Kota Agung. Children's social skills can be measured from the aspects of influence, communication, cooperation and empathy. This study used classroom Action Research Classroom (Action Research Classroom). The sample in this study was group B TK Dharma Wanita Kota Agung, totaling 20 people. Classroom Action Research Classroom (CAR) consists of a series of four activities, namely the main activities in each cycle, namely (1) planning, (2) implementation (3) observation, (4) reflection. Data collection techniques used in this study by observation, interviews, and documentation. Data analysis techniques in this study are data reduction, data presentation, verification or drawing conclusions. Based on the results of data analysis, it can be concluded that through role playing can improve children's social skills in Dharma Wanita Kindergarten. In cycle I the children developed very well by 30%, the children developed well 50%, and the children who were sufficiently developed 20% while in Cycle II the children developed very well by 70% and the children who developed well by 30%. This can be seen from research which shows that the development of children's social skills has increased from Cycle I to Cycle II from children who have not been able to interact between friends so they are able to interact better. So it can be concluded that the cooperative method can improve children's social skills. Keywords: Social Skills, Cooperative Play

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Apr 2023 04:18
Last Modified: 04 Apr 2023 04:18
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23854

Actions (login required)

View Item View Item