WENECIA, DIAN LIONI (2023) PENGARUH PERSEPSI MENGENAI PAUD TERHADAP MINAT MENJADI GURU PAUD PADA MAHASISWA PIAUD ANGKATAN 2021 UIN RADEN INTAN LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (1MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi dari fenomena yang ditemukan peneliti bahwa masih adanya mahasiswa Jurusan PIAUD yang tidak berminat menjadi Guru PAUD dan terdapat beberapa persepsi mengenai PAUD yang muncul sehingga berdampak pada minat mahasiswa menjadi guru PAUD. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh antara persepsi mengenai PAUD terhadap minat menjadi guru PAUD. Populasi dalam penelitian ini ialah mahasiswa PIAUD angkatan 2021 UIN Raden Intan Lampung yang berjumlah 63 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik sampel populasi (sampel jenuh), sehingga seluruh populasi menjadi responden penelitian. Metode pengumpulan data berupa angket. Metode analisis yang digunakan yaitu analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima berarti dapat diketahui bahwa persepsi mengenai PAUD memiliki pengaruh terhadap minat menjadi guru PAUD. Kemudian terdapat pengaruh dengan nilai R 0,793% dan Rsquare 0,629% artinya pengaruh antara persepsi mengenai PAUD terhadap minat menjadi guru PAUD pada mahasiswa PIAUD angkatan 2021 UIN Raden Intan Lampung dipengaruhi sebesar 62,9% dan sisanya 37,1% dipengaruhi oleh faktor lain. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa persepsi mengenai PAUD mempunyai pengaruh terhadap minat menjadi guru PAUD. Oleh karena itu jika pandangan mengenai PAUD lebih dinaikkan lagi maka minat mahasiswa untuk menjadi guru PAUD juga akan ikut naik. Kata Kunci : Persepsi, Minat, PAUD iv ABSTRACT This research is motivated by a phenomenon that researchers have found that there are still students majoring in PIAUD who are not interested in becoming PAUD teachers and there are several perceptions about PAUD that arise which have an impact on students' interest in becoming PAUD teachers. The purpose of this study was to determine whether there was any influence between perceptions about PAUD on interest in becoming an PAUD teacher. The population in this study were 63 PIAUD students batch 2021 at UIN Raden Intan Lampung. The sampling technique used is the population sampling technique (saturated sample), so that the entire population becomes research respondents. The data collection method is a questionnaire. The analytical method used is simple linear regression analysis. The results showed that Ho was rejected and Ha was accepted, meaning that it can be seen that perceptions about PAUD have an influence on interest in becoming an PAUD teacher. Then there is an influence with an R value of 0.793% and an Rsquare of 0.629%, meaning that the influence between perceptions about PAUD on the interest in becoming an PAUD teacher in PIAUD students class of 2021 UIN Raden Intan Lampung is influenced by 62.9% and the remaining 37.1% is influenced by other factors. Based on these results it can be concluded that perceptions about PAUD have an influence on the interest in becoming an PAUD teacher. Therefore, if the view on PAUD is further raised, the interest of students to become PAUD teachers will also increase. Key Word : Perception, Interest, PAUD
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 04 Apr 2023 02:56 |
Last Modified: | 04 Apr 2023 02:56 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23846 |
Actions (login required)
View Item |