KEPEMIMPINAN VISIONER KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MAN KOTA BANDAR LAMPUNG (Priode 2021/2022)

KEMINA, Kamidin (2023) KEPEMIMPINAN VISIONER KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MAN KOTA BANDAR LAMPUNG (Priode 2021/2022). Masters thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of TESIS 1,5.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of TESIS KEMINA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Kepemimpinan pendidikan pada saat ini harus didasari pada jati diri bangsa yang hakikatnya bersumber dari nilai-nilai agama dan budaya agar mampu mengantisipasi perubahan-perubahan yang terjadi dalam dunia pendidikan khususnya dan umumnya atas kemajuan yang diraih di luar sistem madrasah. Kepemimpinan visioner menekankan pentingnya visi bagi organisasi yang ingin mewujudkan organisasi efektif dan kompetitif. Kekuatan kepemimpinan menghasilkan berbagai kebijakan dan operasionalisasi kerja yang dibimbing oleh visi organisasi. Penelitaan bertujuan mendeskripsikan peran kepemimpinan visioner kepala madrasah sebagai penentu arah, agen perubahan, juru bicara, dan pelatih dalam meningkatkan mutu pendidikan di MAN Kota Bandar Lampung. Jenis penelitian yang dilakukan bersifat deskripstif kualitatif. Sumber data penelitian di antaranya adalah kepala madrasah, waka kurikulum, guru dan siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala madrasah berusaha fokus ke masa depan dan mampu menyiasati masa depan yang penuh tantangan dengan cara melanjutkan visi misi yang sudah terbentuk sebelumnya. Perwujudan fungsi pendidikan tidak lepas dari adanya peran kepemimpinan. Sebagai pemimpin pendidikan, kepala madrasah memegang peranan yang penting dalam meletakkan pondasi pendidikan bagi pengelolaan dan pengembangan sumber daya manusia di lembaganya. Oleh karena itu, kepala madrasah harus membekali dirinya dengan jiwa kepemimpinan, inovasi, kompetensi, skill dan kreativitas yang tinggi agar lembaganya dapat berkembang dengan pesat. Kepala madrasah diharapkan secara terus merus melakukan perbaikan, menjalin relasi dengan baik dalam lingkungan internal maupun eksternal, mencari dan memanfaatkan peluang yang ada. Dari peran-peran yang dijalankan kepala madrasah berimplikasi bahwah kepala madrasah memiliki kemampuan untuk memberikan respon yang tepat dan cepat terhadap berbagai permasalahan yang dihadapi madrasah, membuat program-program unggulan, terjalinnya kerjasama dengan lingkungan internal dan eksternal, adanya program keprofesian berkelanjutan seperti halnya pengembangan diri dengan mengikuti seminar, workshop, diklat, MGMP, dan banyak guru yang melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Kata Kunci: Kepemimpinan Visioner, Mutu Pendidikan iv ABSTRACT Educational leadership at this time must be based on national identity which is essentially derived from religious and cultural values in order to be able to anticipate the changes that occur in the world of education in particular and generally on the progress achieved outside the madrasah system. Visionary leadership emphasizes the importance of vision for organizations that want to create effective and competitive organizations. The power of leadership results in various policies and operationalization of work that are guided by the vision of the organization. The research aims to describe the visionary leadership role of the madrasa head as a direction setter, agent of change, spokesperson, and trainer in improving the quality of education in MAN Bandar Lampung City. This type of research is descriptive qualitative in nature. Sources of research data include the head of the madrasa, deputy head of curriculum, teachers and students. Data collection techniques were carried out using interviews, observation, and documentation. Test the validity of the data used is triangulation technique. The results of the study show that madrasa principals try to focus on the future and are able to deal with a challenging future by continuing the vision and mission that has been formed before. The realization of the function of education cannot be separated from the role of leadership. As an educational leader, the madrasa head plays an important role in laying the educational foundation for the management and development of human resources in his institution. Therefore, madrasa principals must equip themselves with leadership, innovation, competence, skills and high creativity so that their institutions can develop rapidly. Madrasah heads are expected to continuously make improvements, establish good relations in the internal and external environment, seek and take advantage of existing opportunities. From the roles carried out by the madrasa head, it implies that the madrasa head has the ability to provide appropriate and fast responses to various problems faced by madrasas, create excellent programs, establish collaboration with internal and external environments, have sustainable professional programs such as self-development. by attending seminars, workshops, training, MGMP, and many teachers who continue to higher education levels. Keywords: Visionary Leadership, Quality of Education

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Apr 2023 07:49
Last Modified: 03 Apr 2023 07:49
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23844

Actions (login required)

View Item View Item