STRATEGI SOSIALISASI KOMISI PEMILIHAN UMUM (KPU) KABUPATEN PESAWARAN UNTUK MENEKAN ANGKA GOLPUT PADA PILKADA TAHUN 2020 DALAM PERSPEKTIF FIQH SIYASAH (Studi di KPU Kabupaten Pesawaran)

NUR, AINI (2023) STRATEGI SOSIALISASI KOMISI PEMILIHAN UMUM (KPU) KABUPATEN PESAWARAN UNTUK MENEKAN ANGKA GOLPUT PADA PILKADA TAHUN 2020 DALAM PERSPEKTIF FIQH SIYASAH (Studi di KPU Kabupaten Pesawaran). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PEPRUS  1 5.pdf] PDF
Download (10MB)
[thumbnail of SKRIPSI NUR AINI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah khusunya di Kabupaten Pesawaran tahun 2020 di tengah bencana pandemi covid-19 terancam banyak masyarakat yang golput. Minimnya partisipasi masyarakat menyebabkan jumlah pemilih yang ingin dicapai KPU Kabupaten Pesawaran menjadi bukti bahwa kinerjanya masih kurang, kekecewaan sebagian masyarakat terhadap pemimpin antara lain melahirkan sikap golput dalam pemilu. Pelaksanaan Pilkada tentunya menjadi kewenangan penuh KPU Kabupaten Pesawaran, di tengah pandemi covid-19 KPU Kabupaten Pesawaran harus memikirkan strategi agar partisipasi masyarakat dalam menjalankan hak politiknya tidak berdampak pada angka golput. Rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu: (1) bagaimana strategi sosialisasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pesawaran untuk menekan angka golput pada Pilkada tahun 2020; (2) bagaimana pandangan fiqh siyasah terhadap strategi sosialisasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pesawaran untuk menekan angka golput pada Pilkada tahun 2020. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan normatif-empiris, dalam hal ini dengan melihat fakta di lapangan terhadap bagaimana strategi sosialisasi yang dilakukan KPU Kabupaten Pesawaran dalam menekan angka golput pada Pilkada tahun 2020. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara dan dokumentasi. Data primer diperoleh langsung oleh responden mengenai strategi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pesawaran untuk menekan angka golput, sedangkan data sekunder berupa teori-teori dan norma hukum serta data penunjang lainnya diperoleh dari kepustakaan, dokumentasi, dan arsip data KPU Kabupaten Pesawaran. Semua data tersebut merupakan bahan-bahan untuk mendeskripsikan strategi sosialisasi yang dilakukan oleh KPU Kabupaten Pesawaran untuk menekan angka golput pada Pilkada tahun 2020. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam hal pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Kabupaten iii Pesawaran untuk mencegah dan meminimalisir angka golput, KPU Kabupaten Pesawaran melakukan strategi sosialisasi dengan cara membagi beberapa segmen untuk melakukan sosialisasi yaitu, segmen pemilih pemula, segmen pedagang pasar, segmen komunitas, segmen kaum marjinal, segmen keagamaan, segmen perempuan, segmen media sosial, segmen masyarakat umum, dan segmen disabilitas. Menurut perspektif fiqh siyasah, tentang strategi KPU dalam melakukan sosialisasi terhadap masyarakat untuk menekan angka golput pada Pilkada tahun 2020 tidak bertentangan dengan prinsip atau ajaran Islam yang mengedepankan musyawarah serta keterbukaan dalam melaksanakan tugasnya. Dasarn hukumnya terdapat dalam surat An-Nisa (4) ayat 58. Kata kunci: Golput, Komunikasi Politik, Sosialisasi Politik

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Apr 2023 06:51
Last Modified: 03 Apr 2023 06:51
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23839

Actions (login required)

View Item View Item