UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL WARNA MELALUI PENGGUNAAN METODE DISCOVERY PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK QUROTA A`YUN TELUK BETUNG TIMUR

RONA, LEVIA (2023) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL WARNA MELALUI PENGGUNAAN METODE DISCOVERY PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK QUROTA A`YUN TELUK BETUNG TIMUR. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI RONA  LEVIA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan mengenal warna merupakan kemampuan anak dalam mengetahui warna dengan cara,menyebut, dan mencampurkan warna melalui kegiatan-kegiatan pengenalan warna yang diajarkan guru. Penelitian bertujuan untuk mengetahui upaya guru dalam meningkatkan kemampuan mengenal warna melalui penggunaan metode diacovery pada anak usia 4-5 tahun Di TK Qurrota A`yun Teluk Betung Timur. Metode penelitian ini menggunakan Deskriptif Kualitatif dengan tujuan ingin melihat bagaimana pengunaan metode discovery untuk meningkatkan kemampuan mengenal warna pada anak di kelas A2 Taman Kanak-Kanak Qurrota A’yun Teluk Betung Timur. Penelitian ini menggunakan subjek yaitu Guru kelas yang mengajar di kelas A2 dengan banyak nya peserta didik berjumlah 15 orang dan objek penelitian yang penulis gunakan meningkatkan kemampuan mengenal warna pada anak di Taman Kanak-Kanak Qurota A’yun. Sumber data penelitian diperoleh dari tekhnik wawancara,observasi dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dengan cara reduksi data,penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan tekhnik keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan tentang upaya guru dalam meningkatkan kemampuan mengenal warna melalui penggunaan metode diacovery pada anak usia 4-5 tahun Di TK Qurrota A`yun Teluk Betung Timur dapat disimpulkan bahwa guru menyiapkan rancangan pembelajaran (RPP), guru menyiapkan media pembbelajaran yang akan di gunakan, guru menentukan materi yang akan di ajarkan, guru mencontohkan pencampurann warna, dan guru menyuruh anak untuk memperaktikan pencampuran warna. Kemampuan mengenal warna merupakan salah satu aspek dari kemampuan kognitif yang harus dikembangkan, akan tetapi hasil penelitian juga menunjukkan bahwa guru belum optimal dalam hal penggunaan metode discovery, guru belum menjelaskan tema tentang tema warna pada saat pembelajaran. Kata kunci : Mengenal Warna, Metode Discovery iii ABSTRACT The ability to recognize colors is a child's ability to recognize colors by calling, calling, and mixing colors through color recognition activities taught by the teacher. The aim of the study was to find out the teacher's efforts to improve the ability to recognize colors through the use of the diacovery method in children aged 4-5 years at Kindergarten Qurrota A`yun Teluk Betung Timur. This research method uses qualitative descriptive with the aim of wanting to see how the use of the discovery method can improve the ability to recognize colors in class A2 Kindergarten Qurrota A'yun Teluk Betung Timur. This study used the subject, namely the class teacher who taught in class A2 with a large number of students totaling 15 people and the research object that the author used increased the ability to recognize colors in children at Qurota A'yun Kindergarten. Sources of research data obtained from interview techniques, observation and documentation. Data analysis was carried out by means of data reduction, data presentation and drawing conclusions. While the data validity technique uses triangulation techniques. Based on the results of the research and discussion of the teacher's efforts to improve the ability to recognize colors through the use of the diacovery method in children aged 4-5 years at Kindergarten Qurrota A`yun Teluk Betung Timur, it can be concluded that the teacher prepares a learning plan (RPP), the teacher prepares learning media that will In use, the teacher determines the material to be taught, the teacher exemplifies mixing colors, and the teacher instructs children to practice mixing colors. The ability to recognize colors is one aspect of cognitive abilities that must be developed, but the results of the study also show that the teacher is not optimal in terms of using the discovery method, the teacher has not explained the theme of color during learning. Keywords: Recognizing Colors, Discovery Method

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Apr 2023 04:28
Last Modified: 03 Apr 2023 04:28
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23836

Actions (login required)

View Item View Item