PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TIPE-TANDUR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SDN 1 REJOMULYO JATI AGUNG

Siti, Melani (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TIPE-TANDUR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SDN 1 REJOMULYO JATI AGUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of skripsi Siti Melani 2.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Abstrak Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah guru belum menggunakan stategi pembelajaran yang sesuai dengan materi pembelajaran dan karakteriktik peserta didik, pembelajaran yang digunakan guru kurang melibatkan siswa, kurangnya pehaman peserta didik dalam pembelajaran IPA masih rendah . Maka dari itu perlu pembaharuan model pembelajaran yang mampu memenuhi kekurangan dari rendahnya hasil belajar, seperti Model Pembelajaran quantum teaching tipe-tandur yang diterapkan pada penelitian terdahulu membuahkan hasil yang efektif untuk semua pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh yang signifikan pada Model Pembelajaran Quantum Teaching Tipe-tandur Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA kela V. Jenis penelitian ini adalah Kuantitatif dengan metode quasi eksperimen desain dengan tipe pretest dan postest, Teknik dalam pengambilan sampel pada penelitian ini ialah non equivalent control grup design.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes berupa tes pilihan ganda, lalu dalam uji intstrumen menggunakan uji validitas, uji reabilitas, uji tingkat kesukaran, dan daya pembeda. Dalam penelitian ini untuk uji analisis data menggunajan uji T. Berdasarkan hasil analisi dan pengolahan data menggunakan uji hipotesis (uji-t). diperoleh Thitung = 4.688 dan Ttabel=2.056 dengan taraf signifikansi 5% karena Thitung>Ttabel, maka H1 diterima dan HO di tolak, hal ini membuktikan bahwa ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran quantum teaching tipe-tandur terhadap hasil belajar IPA kelas V SDN 1 Rejomulyo Jati Agung Kata Kunci: Quantum Teaching, Hasil Belajar iv Abstract This research is motivated by problms that the teacher has not used the strategy appropriate learning and the characteristics of learners, the learning used by the teacher does not involve students,lack of students understanding of the learning material provided, the result of student scores in science learning are still now. Therefore it was necessary to renew learning models that were able to meet the shortcomings of low learning outcomes. Like the quantum teaching type-tandur model that was applied in previous research, it produced effective results for all learning. The purpose of this study is to determine the significant affect of the quantum teaching type-tandur model on student learning outcomes for class five science subjects. This research is a quantitative research with a quasi-experimental design method with pretest and posttest types, the technique in sampling in this study is the non�equivalent control group design. validity test, reliability test, difficulty level test, and distinguishing power. In this study, to test data analysis using the T test. Based on the results of analysis and data processing using hypothesis testing (t�test). It was obtained that Tcount=4.688 and Ttable=2.056 whit a significance level 5%. Because Tcount>Ttable, then H1 is accepted and HO is rejected, this proves that there is a significant effect of the quantum teaching type-tandur model on student learning outocomes for class five science subjects student at SDN1 Rejomulyo Jati Agung Keywords: quantum teaching, learning result

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 31 Mar 2023 07:25
Last Modified: 31 Mar 2023 07:25
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23828

Actions (login required)

View Item View Item